Penggambaran Wujud dan Karakteristik Youkai dalam Manga Touhou Suichouka - Lotus Eater Karya Jun’ya Ota

Authors

  • Anggra Ramadhani University of 17 August 1945
  • Endang Poerbowati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/uncollcs.v3i1.4664

Keywords:

myth, youkai, manifestasion, characterizations, manga

Abstract

Youkai adalah makhluk mitologi yang berasal dari Jepang. Youkai memiliki berbagai macam jenisnya serta wujud dan karakteristik yang beragam. Dalam mitos dan mangamemiliki penggambaran yang sama maupun berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran wujud dan karakteristik youkai dalam MangaTouhou Suichouka - Lotus Eater. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan mitopoik yaitu pendekatan yang menyangkut hal-hal mitos dan metode yang dipakai ialah metode deskriptif kualitatif. Kajian teori yang dipakai yaitu teori youkai menurut Matthew Meyer, Michael Dylan Foster, Matt Alt dan Hiroko Yoda. Terdapat 5 data youkaiantara lain yaitu Kotengu, Daitengu, Oni, Tanuki, dan Zashiki-Warashi. Penggambaran wujud dan karakteristik youkai dalam mitos cenderung lebih mengerikan dan aneh serta memiliki karakteristik yang jahat walaupun hanya ada 2 youkai yang berwujud lucu serta 1 youkai yang memiliki karakteristik baik dan suka membantu manusia. Sementara itu dalam Manga Touhou Suichouka - Lotus Eater wujud youkai digambarkan cenderung lebih mirip seperti manusia namun ciri-ciri youkai yang terdapat dalam mitos tetap ada sedangkan karakteristik youkai dalam manga sama-sama jahat tetapi hanya ada 2 youkai yang memiliki karakteristik baik terhadap manusia.

References

Ainaya, Nayunda Olivia Azis. (2023). Perbandingan Penggambaran Youkai Dalam Mitos Kepercayaan Masyarakat Jepang dan Anime Gugure! Kokkuri-San.

Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945.

Danandjaja, James. (1997). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Iain lain.

Jakarta: Grafiti.

Foster, Michael Dylan. (2015). The Book of Yokai: Mysterious Creatures of Japanese Folklore. University of California Press.

Gravett, Paul. (2004). Manga : Sixty Years of Japanese Comics.

San Bruno Public Library.

Meyer, Matthew. (2012). The Night Parade of One Hundred Demons: A Field Guide to Japanese Yokai. all right reserved

Noriko, T. Reader. (2010). Japanese demon lore : oni, from ancient times to the present. Logan, Utah : Utah State University Press

Ota, Jun’ya. (2019). Touhou Suichouka ~ Lotus Eater-tachi no Suisei.

Comp Ace Magazine, Kadokawa.inc.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: CV. Alfabeta

Sukma, Atika. (2019). Perayaan Setsubun dalam Keluarga Jepang Dewasa ini Wilayah

Ishikiri Osaka.Diploma thesis, Universitas Bung Hatta Padang.

Yoda and Alt, Hiroko and Matt. (2012). Yokai attack! : The Japanese Monster Survival Guide.Kodansha International.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Ramadhani, A., & Poerbowati, E. (2024). Penggambaran Wujud dan Karakteristik Youkai dalam Manga Touhou Suichouka - Lotus Eater Karya Jun’ya Ota. Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 3(1), 300-310. https://doi.org/10.30996/uncollcs.v3i1.4664