KONTRIBUSI MAHASISWA MSIB 6 DALAM PEMANTAUAN DAN EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK (PEKPPP) DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA

Penulis

  • Rianissaputri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dida Rahmadanik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Monitoring, Evaluation, Public Service

Abstrak

Penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif dan efisien merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Namun, dalam praktiknya masih terdapat tantangan dalam monitoring dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surabaya menjadi salah satu mitra pada program Kemendikbud yaitu Magang Bersertifikat atau dikenal dengan MSIB. Dalam artikel ini, penulis berkontribusi secara langsung dalam kegiatan PEKPPP yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi yang ditempatkan di Dinas Sosial dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kolaboratif yang melibatkan berbagai pihak yang bertujuan untuk mempermudah dalam mendapatkan data dukung dan berbagai informasi yang diperlukan selama penyelenggaraan PEKPPP oleh mahasiswa MSIB 6 di Bagian Organisasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Surabaya.

Referensi

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surabaya. (n.d.). Bagian Organisasi. Organisasi Surabaya. https://organisasi.surabaya.go.id/homev1/index

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Pengertian Pelayanan Umum. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kemenpanrb. (2023). Pemantauan Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2023 Segera Dimulai. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pemantauan-evaluasi-pelayanan-publik-tahun-2023-segera-dimulai

Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2022 Tentang Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik. 1–9.

Tahir, M. A., Minarti, A., Informasi, S., Lamappapoleonro, U., & Lamappapoelonro, U. (2022). Masyarakat Berbasis Online Di Kelurahan Lemba. 1, 11–14.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-21