Representasi Aktivitas Drift Dalam Anime Initial-D Karya Shuichi Shigeno

Authors

  • Muhammad Reyhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Cuk Yuana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2500

Abstract

Penelitian ini merepresentasikan aktivitas drift dalam anime Initial-D karya Shuichi Shigeno. Penelitian ini menjelaskan bahwa aktivitas yang terjadi pada kehidupan nyata dengan anime tidak jauh berbeda dengan yang sudah ada, hanya saja di anime terlalu melebih-lebihkan jalan ceritanya karena memang sebatas hiburan saja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan mimetik. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis konten yang kemudian dianalisa dengana analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah representasi aktivitas drift yang terdapat pada anime, mulai dari aktivitas sebelum balapan seperti mempersiapkan lintasan drift yang mempunyai banyak tikungan, lintasan yang panjang dan khusus untuk kompetisi sedangkan di anime lintasannya menggunakan jalan raya di pegunungan yang tidak dikonversi sebagai lintasan balap drift sehingga balapan ini bisa dikatakan sebagai balapan ilegal. Kondisi mobil juga memiliki kesamaan yang cukup banyak seperti para karakter melakukan modifikasi mulai dari mesin, ban, rem dan lain-lainnya supaya performa mobil mereka bisa menjadi lebih cepat, sedangkan teknik drift yang di representasikan oleh anime tidak terlalu memperlihatkan bagaimana cara melakukan teknik yang digunakan. Anime ini memang mengadaptasi dari dunia nyata sehingga representasi aktivitas drift dalam anime tidak terlalu jauh berbeda.

References

Calvin Wan’s. (2007). Drifting Perfomance Handbook. Motorbooks USA.

Paul Morton. (2006). How to Drift: The Art of Oversteer. Brooklands Books AUS.

Stuart Hall. (2005). Representation Cultural Representations and Signifying Practices. Penerbit SAGE Publication, New York.

Kautsar, Suhail Dzikria. (2018). Mobil dalam serial Manga Initial D sebagai inspirasi penciptaan karya seni digital berbasis infografis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Bagas Lumban Hasya. (2019). Penggambaran Proses Penemuan Identitas Diri Dari Tokoh Utama Anime Initial-D. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

Werner Krippendorff. (2018). Content Analysis : An Introduction to Its Methodology. Penerbit SAGE Publiccation, New York.

Moh. Pabundu Tika. (2015). Metode Penelitian Geografi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

M.H. Abrams. (1981). A Glossary of Literary Terms. Cengage Learning, Amerika Serikat.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Reyhan, M., & Yuana, C. (2023). Representasi Aktivitas Drift Dalam Anime Initial-D Karya Shuichi Shigeno. Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 2(1), 617-633. https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2500