Gaya Bahasa dan Fungsi Iklan pada Majalah LifeWear Uniqlo

Language Style and Function of Advertisements in Uniqlo's LifeWear Magazine

Authors

  • Sultan Maulana Malik Zidan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Umul Khasanah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2478

Abstract

 

Abstract. The purpose of this study was to analyze the linguistic styles found in the three clothing categories of LifeWear Magazine Uniqlo Edition 08 Spring & Summer 2023: 'wardrobe essentials', 'art of everyday life' and 'Melbourne magic'. . This is a method of descriptive analysis using reading and note-taking methods for the language style data published in LifeWear Magazine Uniqlo Edition 08 Spring & Summer 2023 "The Art of Everyday Life". The analysis found that the magazine's three clothing categories use five different linguistic styles: anthropomorphic, metaphorical, simile, hyperbole, and antithesis. Each clothing category has a different variation of speaking. The Wardrobe Essentials category has 4 personifications, 1 simile, 2 hyperbole, and 1 antithesis. The "everyday art" category has 1 anthropomorphism, 1 exaggeration, and 1 metaphor. There are currently 2 personifications, 2 metaphors, and 1 fable in the Melbourne Magic category. 

 

Keywords: Language Style, Magazine, Uniqlo.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis gaya bahasa yang terdapat di dalam tiga kategori pakaian Majalah LifeWear Uniqlo Edisi 08 Spring & Summer 2023 "The Art of Everyday Life" yaitu Wardrobe Essentials, The Art of Everyday Life, dan Melbourne Magic. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap data yang berupa gaya bahasa dalam Majalah LifeWear Uniqlo Edisi 08 Spring & Summer 2023 "The Art of Everyday Life" dengan menggunakan teknik baca dan catat. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima jenis gaya bahasa yang digunakan dalam tiga kategori pakaian dalam majalah, yaitu Personifikasi, Metafora, Simile, Hiperbola, dan Antitesis. Setiap kategori pakaian memiliki variasi penggunaan gaya bahasa yang berbeda. Pada kategori Wardrobe Essentials, terdapat 4 Personifikasi, 1 Simile, 2 Hiperbola, dan 1 Antitesis. Pada kategori The Art of Everyday Life, terdapat 1 Personifikasi, 1 Hiperbola, dan 1 Metafora. Sedangkan pada kategori Melbourne Magic, terdapat 2 Personifikasi, 2 Metafora, dan 1 Simile.

 

Kata Kunci: Gaya Bahasa, Majalah, Uniqlo.

References

Akutagawa, R. (1918) "Yonosuke no Hanashi." Tōkyō: Bungeishunju,

Firmansyah, A. & Didin, F. (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan), Yogyakarta, CV Budi Utama.

Antari, L. P. S. (2019). Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Indonesia. Jurnal. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali.

Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2018). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak: Journal of Communication, 1(2), 197-208.

Chaeriyah, U. (2011). MAKNA DAN FUNGSI BAHASA REKLAME IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERBAHASA JAWA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Danesi, M. (2010). Understanding media semiotics. Bloomsbury Publishing.

Dazai, O. (1948). 人間失格 [Ningen Shikkaku]. 東京 [Tokyo]: 新潮社 [Shinchosha].

Ghofur, M. (2014). Pemakaian Diksi dan Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu “L’Arc~En~Ciel”.Skripsi pada Jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga Surabaya

Hariono Septian Dwi Andra. (2022). Pemakaian gaya bahasa lirik lagu AKB48 pada singel “Tsubasa wa Iranai”. Skripsi, 1-60.

Jaiz, M. (2014). Dasar-Dasar Periklanan Cetakan ke I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kawabata, Y. (1947). 雪国 Yukiguni. Tokyo: 新潮社 (Shinchosha).

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Khoiria, I. (2022). Analisis Gaya Bahasa dalam Iklan Kecap di Televisi Indonesia (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Kurumada, Masami. 聖闘士星矢 (Seinto Seiya). Tōkyō: Shueisha, 1986.

Lestari, R. D., & Aeni, E. S. (2018). Penggunaan gaya bahasa perbandingan pada kumpulan cerpen mahasiswa. Semantik, 7(1).

Leech, G., & Short, M. (2007). Style in fiction: A linguistic introduction to English fictional prose. Routledge.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Miyazawa, Kenji. "Chūmon no Ōi Ryōriten." Tokyo: Iwanami Shoten, 1937.

Miyazawa, K. (1934). 銀河鉄道の夜 [Ginga Tetsudō no Yoru]. Bunpodō.

Murakami, H. (1987). ノルウェイの森 [Noruwei no Mori]. 東京: 講談社.

Murakami, H. (2009). 『1Q84』[Ichi-kyū-hachi-yon]. Shinjuku: Shinchosha.

Muhammad Ghofur C.R. (2014). Pemakaian Diksi dan Gaya Bahasa pada Lirik Lagu "L'ARCENCIEL" (Skripsi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga).

Natsume, S. (1914). こころ [Kokoro]. Tokyo: Iwanami Shoten.

Nawawi, Hadari. 1994. Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, D. S., & Sulistyaningrum, S. (2018). Tindak Tutur Direktif dalam Iklan Layanan Masyarakat di Media Televisi serta Kemungkinan Efeknya. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 10-20.

Pradopo, R. D. (2009). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Pramesti, A. P., & Martutik, M. (2020). LARAS BAHASA IKLAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 4(1), 1-16.

Rani, Abdul, dkk. 2004. Analisis Wacana. Malang: Bayumedia Publishing.

Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rustamaji, dkk. 2003. Panduan Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Primagama.

Sari, F. D. P. (2012). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Galau Finite di Metro TV: Suatu kajian pragmatik. Jurnal Skriptorium, 1(2), 1-14.

Sari, Yuliarti, Y., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2015). Tindak tutur direktif dalam wacana novel trilogi karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).

Sudjiman, P. (1993). Bunga Rampai Stilistika. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanemura, A. (2002-2004.) 満月をさがして (Full Moon o Sagashite). Tokyo: Shueisha

Tanizaki, J. (1924) 『痴人の愛』(Chijin no Ai). Tokyo: 岩波書店,

Tarigan. (1985). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uniqlo. (2023, 17 Februari). Melbourne Magic. “LifeWear Magazine”, Edisi 08 2023 Spring & Summer, 22-37.

Uniqlo. (2023, 17 Februari). The Art of Everyday Life. “LifeWear Magazine”, Edisi 08 2023 Spring & Summer, 16-21.

Uniqlo. (2023, 17 Februari). Wardrobe Essentials. “LifeWear Magazine”, Edisi 08 2023 Spring & Summer, 8-15.

Vestergaard, T., & Schroder, K. (1991). The Language of Advertising. Wiley-Blackwell.

Wahyudi, A. B., & Fatimah, N. (2012). PENGGALIAN TOPIK DAN FUNGSI IMAJINATIF DALAM WACANA CERITA ANAK DI MEDIA SOLOPOS.

Yuliarti, Y., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2015). Tindak tutur direktif dalam wacana novel trilogi karya Agustinus Wibowo.

Website

https://www.abyadscreenprinting.com/sejarah-uniqlo-dan-perkembangannya/ diakses pada tanggal 28 Maret 2023

https://babel.antaranews.com/berita/337743/uniqlo-rilis-majalah-lifewear-edisi-08-the-art-of-everyday-life diakses pada tanggal 27 Maret 2023

https://sakidori.co/article/19875 diakses pada tanggal 20 Maret 2023

Matsumura. 2020. Dejitaru Daijisen. Shogakukan, https://kotobank.jp/ diakses pada pada tanggal 10 Maret 2023

Akutagawa. 1918. Nihon Kokugo Daijiten. Shogakukan, https://kotobank.jp/ diakses pada tanggal 9 Maret 2023

Weblio. 2011. Jitsuyō Nihongo Hyōgen Jiten. Weblio, https://weblio.jp/ diakses pada tanggal 9 Maret 2023

https://harpersbazaar.co.id/articles/read/3/2023/18630/uniqlo-rilis-majalah-lifewear-spring-summer-2023-sebagai-motivasi-untuk-menjalani-hari-secara-kreatif-dan-positif diakses pada tanggal 20 Maret 2023

https://blog.arfadia.com/kelebihan-kekurangan-majalah/ diakses pada tanggal 28 Maret 2023

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Malik Zidan, S. M., & Khasanah, U. (2023). Gaya Bahasa dan Fungsi Iklan pada Majalah LifeWear Uniqlo : Language Style and Function of Advertisements in Uniqlo’s LifeWear Magazine. Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 2(1), 437-474. https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2478

Most read articles by the same author(s)