PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA MELALUI IMPLEMENTASI PERANCANGAN PETA WISATA DAN STRATEGI PEMASARAN DI WISATA KEBUN PANDANSARI DESA WONOPLOSO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO
Keywords:
Desa Wonoploso; Wisata Kebun Pandansari; Peta Wisata; Strategi PemasaranAbstract
Wisata Kebun Pandansari ini merupakan destinasi wisata yang paling menarik di
wilayah Mojokerto, Jawa Timur. Pemilik Wisata Kebun Pandansari sendiri merupakan
Ibu Kepala Desa Wonoploso yaitu Ibu Naning Hartini. Dimana pada wisata ini
menawarkan pemandangan alam yang indah serta berbagai macam wahana yang
menyenangkan untuk dilakukan, seperti warung makan, kolam renang, taman kelinci,
kandang sapi yang juga bisa digunakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak. Namun,
di Wisata Kebun Pandansari ini terdapat beberapa permasalahan yaitu belum adanya
peta wisata yang informatif dan kurangnya strategi dalam pemasaran. Oleh karena itu,
melalui KKN ini mahasiswa akan mengidentifikasi permasalahan dan menggerakkan
semua potensi yang ada demi kemajuan masyarakat. Berdasarkan hal ini, kami
mengajukan usulan program kerja di Wisata Kebun Pandansari Desa Wonoploso,
Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto dengan melakukan pembuatan karya
desain berupa peta wisata (site plan) yang informatif dan menarik, serta membantu
wisata tersebut untuk meningkatkan daya tarik wisatawan melalui strategi pemasaran,
dengan melakukan pendampingan dan pembuatan Video Promosi. Tujuan program
kerja ini adalah untuk mengembangkan daya tarik wisatawan melalui implementasi
peta wisata dan meningkatkan strategi pemasaran, guna memastikan wisatawan dapat
dengan mudah menemukan dan mengakses informasi tentang Wisata Kebun
Pandansari. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang
ada di Wisata Kebun Pandansari dengan target luaran yang diharapkan dari kegiatan
ini adalah tercapainya keberhasilan yang telah disusun sedemikian rupa sehingga
menjadikan permasalahan yang ada dapat terselesaikan.