PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN LOGO DAN KEMASAN PADA UMKM JAHE
Abstract
Dalam era digitalisasi pemasaran suatu produk sudah sangat berkembang, contohnya dengan media sosial ataupun dengan e-commerce. Permsalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Jiyu adalah pemasaran Produk melalui digitalisasi. Selain itu beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah diperlukan untuk re desain logo, karena memang pelaku usaha membutuhkan desain logo yang kreatif dan inovatif. Usaha Mikro Kecil Menengah yang di Dusun Tumpang sari salah satu Dusun yang ada di Desa Jiyu adalah Usaha Mikro Kecil Menengah Jahe dan temulawak instan. Produk minuman bubuk ini yang terbentuk dan berkembang karena keinginan ibu ibu serta hasil panen warga setempat yang dominan jahe dan temulawak di wilayah Dusun Tumpangsari, Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Mitra Usaha Mikro Kecil Menengah Jahe pun perlu melakukan re desain tentang logo dan kemasannya, agar bisa menarik pelanggan yang ada di media sosial. Karena memang dalam kuliah kerja nyata kita memiliki fokus untuk memasarkan produk melalui media sosial dan e-commerce. Disini Mahasiswa Universitas 17 Agustus bermaksud melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pembuatan desain logo kemasan dan digitalisasi untuk usaha. Kegiatan ini dilakukan untuk agar penjualan bertambah serta dapat mengetahui langsung titik tempat untuk membeli produk jahe. Metode yang digunakan dalam pengabdian mahasiswa di masyarakat ini adalah metode perancangan ulang desain, yaitu mendesain ulang kemasan produk agar terlihat lebih modern tanpa mengubah identitas kemasan. Pembuatan Gmaps untuk usaha mikro, kecil dan menengah. Output masyarakat adalah perencanaan dan perencanaan sosial. Sebagai tempat usaha mikro, kecil dan menengah, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah desain kemasan yang menjadi sarana promosi penjualan. Dengan desain kemasan baru yang lebih modern diharapkan penjualan semakin meningkat, jangkauan pelanggan semakin meningkat dan akses ke tempat usaha Mikro Kecil Menengah.