Implementasi Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) melalui Program MBKM PT Kencana Maju Bersama
Kata Kunci:
Integrated Marketing Communication, Strategi Pemasaran, MBKM, PT Kencana Maju BersamaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mahasiswa program MBKM dalam
mengimplementasikan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing
Communication (IMC) di PT Kencana Maju Bersama, sebuah perusahaan distributor baja ringan lokal
Indonesia. Menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara dengan Kepala Divisi Marketing PT KMB,
perwakilan staff Marketing Support dan perwakilan Marketing Komunikasi Kencana Group
(holding). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Komunikasi Pemasaran Terpatu atau
Integrated Marketing Communication (IMC) oleh mahasiswa magang MBKM Batch 5 dapat
mengikuti alur para staf, dan menunjukkan efektivitas strategi pemasaran peusahaan, terutama dalam
aspek digital marketing dan hubungan masyarakat. Peserta magang mampu mengaplikasikan
komponen IMC seperti periklanan, pemasaran langsung, promosi, penjualan pribadi, event dan
interaktif, pemasaran digital, hubungan masyarakat dan mulut ke mulut (WOM) secara efektif dan
optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis bagi pemahaman implementasi strategi IMC
dan manfaat bagi perusahaan agar dapat mengoptimalkan kegiatan dan strategi pemasarannya.