PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAHASISWA KOMUNIKASI (SEMAKOM) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom <p><strong>Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi</strong></p> <p>Prosiding Title : Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi</p> <p>ISSN : 3032-1190</p> <p>Editor in Chief : Mohammad Insan Romadhan, S.I.Kom.,M.Med.Kom</p> <p>Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya</p> <p>Alamat : Jl. Semolowaru No. 45, Surabaya</p> <p> </p> <p>Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM) merupakan wadah diskusi hasil penelitian mahasiswa ilmu komunikasi dalam bentuk artikel ilmiah yang berfokus pada tema-tema besar keilmuan komunikasi seperti public relation, new media, broadcasting, komunikasi politik, komunikasi lintas budaya, komunikasi organisasi, komunikasi lingkungan, komunikasi pemasaran, komunikasi pembangunan, komunikasi digital dan lain sebagainya.</p> <p>Publikasi SEMAKOM dilakukan dua kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Januari dan Juli</p> id-ID deyprayogo@untag-sby.ac.id (Moh. Dey Prayogo, S.I.Kom., M.I.Kom) hajidah.kusnadi@untag-sby.ac.id (Hajidah Fildzahun Nadhilah Kusnadi, S.Sos., M.A) Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Eksploitasi Sensualitas Perempuan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Blonde) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3674 <p>Eksploitasi tubuh perempuan merupakan suatu hal yang telah dianggap lumrah dalam film.<br>Film Blonde ini merupakan salah satu film yang menampilkan seorang perempuan yaitu<br>Marilyn Monroe yang dijadikan sebagai objek eksploitasi sensualitas perempuan. Metode<br>yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan Analisis<br>Semiotika Roland Barthes. Semiotika dalam teori Barthes pada dasarnya ingin mempelajari<br>bagaimana manusia memaknai sesuatu, untuk memaknai sesuatu maka dapat dilakukan<br>dengan cara membedah film Blonde ini dengan menandai tanda-tanda yaitu Denotasi,<br>Konotasi, dan Mitos. Peneliti telah menemukan Eksploitasi Sensualitas Perempuan dalam<br>Film Blonde ini baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Hasil dan temuan pada film ini<br>terdapat 10 scene yang telah ditemukan pada tanda-tanda eksploitasi sensualitas perempuan<br>menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, yaitu Marilyn Monroe Monroe telah<br>dieksploitasi dalam kehidupan nyata, dan dalam film ini juga sehingga ia mendapatkan<br>eksploitasi untuk kedua kalinya. Marilyn Monroe dijadikan sebagai objek sensualitas dengan<br>memperlihatkan bagian yang eksotis, Marilyn Monroe dijadikan poster yang memperlihatkan<br>bentuk tubuh yang menekuk sehingga sedikit vulgar, Eksploitasi yang didapat tidak hanya<br>secara verbal namun juga nonverbal.</p> Risya Salsabila, Merry Fridha Tri Palupi, Herlina Kusumaningrum Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3674 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Persepsi Anggota Bonek Mania Terhadap Tragedi Kanjuruhan https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3676 <p>Sepak bola tidak dapat dipisahkan dari adanya pendukung. Pendukung dalam sepak bola<br>merupakan kelompok orang yang mendukung tim kebanggan mereka yang sedang<br>bertanding. Pendukung tersebut bernama Suporter. Suporter orang ke 12 dalam sebuah<br>pertandingan sepak bola. Tentunya di Indonesia sendiri banyak suporter besar yang fanatik<br>untuk mendukung tim mereka. Dengan fanatiknya suporter, tentu akan memunculkan gengsi<br>antar supporter. Contoh suporter besar di Indonesia adalah Bonek dan Aremania. Kedua<br>suporter tersebut merupakan rival yang punya gengsi dalam mendukung tim. Suporter Arema<br>merupakan pendukung dari tim Areka malang. Adanya rivalitas dapat memunculkan konflik<br>antar suporter. Tragedi terjadi di Stadion kanjuruhan malang setelah arema mengalami<br>kekalahan atas rivalnya yaitu persebaya. Suporter arema turun ke lapangan untuk meluapkan<br>emosi, dan aparat pun melakukan aksi dengan menyemprotkan gas air mata dan<br>menyebabkan ratusan korban jiwa. Bonek sebagai rival arema mempunyai tanggapan<br>terhadap tragedi tersebut. Persepsi dari bonek ada yang positif dan juga negatif. Dalam<br>penelitian ini penulis ingin meneliti tentang persepsi anggota bonek terhadap tragedi<br>kanjuruhan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data<br>yang di deskripsikan berupa kata-kata. Peneliti mencari jwaban melalui wawancara,<br>dokumentasi dan observasi. Dengan menggunakan 6 informan dan 1 media untuk dapat<br>melengkapi data data penelitian.</p> Rizal Amirullah, Herlina Kusumaningrum, Mohammad Insan Romadhan Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3676 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 STRATEGI STAKEHOLDER ENGAGEMENT DALAM KEGIATAN CSR SPS CORPORATE https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3679 <p>Program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah strategi yang membantu perusahaan mengatasi krisis yang muncul akibat kemarahan publik (public outrage) yaitu sebuah kondisi kemarahan masyarakat sekitar perusahaan akibat dari dampak negatif yang ditimbulkan akibat aktifitas perusahaan. Kegiatan CSR merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan di sekitarnya, CSR saat ini mencakup tiga elemen: profit, people, dan planet. Penelitian ini bertujuan menganalisis program CSR di SPS Corporate terkait pelaksanaan apakah sudah<br>mencakup tiga elemen: profit, people, dan planet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan melalui data primer berupa wawancara dengan pihak humas SPS corporate, HRD SPS Corporate, dan karyawan SPS Corporate yang ikut serta dalam kegiatan CSR. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi CSR pada SPS Corporate ini telah melakukan 3p (profit, people, dan planet), yaitu pada kegiatan CSR SPS Corporate ini telah melakukan Program Pendidikan, pelestarian lingkungan, seperti program penghijauan, pembersihan lingkungan. Program CSR ini bertujuan untuk<br>menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat, program yang di lakukan SPS Corporate ini dapat meningkatkan citra perusahaan dan di mata para stakeholder.</p> Rizky Ilham Firmansyah, Merry Fridha Tri Palupi, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3679 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM WAIKI DIMSUM UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS MASYARAKAT SURABAYA https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3681 <p>Persaingan di industri kuliner semakin meningkat. Fenomena ini terlihat dari peningkatan jumlah usaha sejenis yang memiliki kesamaan konsep. Waiki Dimsum merupakan sebuah kedai makanan yang menghidangkan beragam pilihan menu dimsum dan bakmie. Seiring perkembangan zaman. Banyak usaha kuliner serupa, oleh karena itu Waiki Dimsum melakukan strategi komunikasi pemasaran agar masyarakat mengetahui tentang adanya Waiki Dimsum. Penelitian ini akan fokus pada membangun brand awareness masyarakat Surabaya untuk mengetahu Waiki Dimsum. Menggunakan teori komunikasi Bauran Pemasaran peneliti ingin mengamati Waiki Dimsum dalam membangun brand awareness masyarakat Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan referensi yang berharga bagi penelitian-penelitian selanjutnya, serta masukan bagi Waiki Dimsum dalam meningkatkan brand awareness masyarakat Surabaya lebih tinggi lagi tentang produknya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan perolehan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Waiki Dimsum menggunakan keempat elemen Bauran pemasaran dalam membangun kesadaran merk terhadap masyarakat Surabaya</p> Rizky Rhamadhani,, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3681 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Komunikasi Humas BNN Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Remaja di Kota Surabaya https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3683 <p>Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba telah mencapai segala status sosial dan umur terlebih pada kalangan remaja. Badan Narkotika Nasional Kota Surabaya menyatakan bahwa penyalahgunaan narkoba pada kalangan remaja mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas BNN dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba terhadap remaja di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa humas BNN Kota Surabaya menggunakan strategi komunikasi dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba terhadap remaja di Kota Surabaya dengan membuat berbagai program kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu; 1) Strategi komunikasi dengan menggunakan sosial media, 2) Strategi komunikasi dengan menggunakan penyuluhan, 3)Strategi komunikasi dengan kegiatan P4GN, 4) Strategi komunikasi dengan membentuk Kelurahan Bersinar, 5) Strategi komunikasi dengan menggunakan lomba.</p> Rossi Qurratul Aini, Mohammad Insan Romadhan, Ni Made Ida Pratiwi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3683 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Komunikasi Pemasaran Samsung Experience Store WTC Lt.3 Surabaya Melalui Media Sosial Instagram https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3686 <p>Komunikasi pemasaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnis agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis. Dengan perkembangan teknologi informasi, berbagai perusahaan mulai melakukan komunikasi pemasaran melalui media sosial sebagai salurannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berfokus pada komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh gerai Samsung Experience Store WTC Lt. 3 Surabaya melalui media sosial Instagram @samsungexperiencewtc. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti melakukan wawancara mendalam kepada informan kunci serta melakukan observasi pada halaman akun Instagram @samsungexperiencestorewtc. Hasilnya dari lima bentuk bauran promosi dalam komunikasi pemasaran terpadu, iklan dan promosi penjualan merupakan komunikasi pemasaran yang dominan dilakukan oleh Samsung Experience Store WTC Lt. 3 Surabaya melalui media sosial Instagram.</p> Ryan Reksagemilang,, Arif Darmawan, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3686 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS STRATEGI PERENCANAAN KOMUNIKASI PARIWISATA DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KOTA SURABAYA DALAM MEMPROMOSIKAN EKOSWISATA HUTAN MANGROVE GUNUNG ANYAR https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3690 <p>Kota Surabaya merupakan Kota yang memiliki potensi wisata yang dapat dikelola untuk meningkatkan kualitas kemampuan serta kesejahteraan bagi warga di Kota Surabaya. Salah satu objek wisata di Kota Surabaya adalah Ekowisata Hutan Mangrove Gunung Anyar yang merupakan objek wisata unggulan di Kota Surabaya dengan keragaman mangrove, karagaman satwa liar, jalur kanal, dan tracking menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tujuan dari penelitian ini untuk penerapan strategi perencanaan komunikasi pariwisata Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya dalam mempromosikan Ekowisata Hutan</p> <p>Mangrove Gunung Anyar. Penelitian ini menggunakan metode penilitian kualitatif. Penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Adapun, teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengujian lebih valid, peneliti menggunakan triangulasi sumber data sebagai uji teknik keabsahan data. Ditemukan hasil penelitian bahwa bentuk strategi perencanaan komunikasi pariwisata yang dilakukan DKPP Kota Surabaya yaitu menerapkan strategi perencanaan komunikasi pariwisata. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam mempromosikan hutan mangrove</p> <p>melibatkan beberapa aspek yaitu komunikasi pariwisata, komunikasi pemasaran pariwisata, dan hutan mangrove itu sendiri. Hal tersebut diperkuat dengan penerapan teori komunikasi pariwisata dan komunikasi pemasaran pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Hasil analisis menetapkan bahwa DKPP Kota Surabaya masih belum menerapakan komunikasi pariwisata dan komunikasi pemasaran pariwisata. Pada akhirnya hal ini menjadikan ekowisata hutan mangrove Gunung Anyar mengalami penurunan jumlah wisatawan.</p> Safira Dewi Purnama, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana,, Muchamad Rizqi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3690 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Etnografi Virtual Interaksi Dalam Postingan Meminta Pendapat Pada Pengikut Akun Twitter @Askrlfess https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3691 <p>Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk berinteraksi oleh penduduk Indonesia. Bahkan Twitter juga masuk peringkat ke-5 platform media sosial, dengan presentase sebanyak 6,4%. Maraknya akun anonim yang ada membuat terciptanya beberapa akun di Twitter yang menyediakan tempat bagi penggunanya untuk memanfaatkan base. Base Twitter adalah sebuah akun tempat berkumpulnya orang – orang yang memiliki minat, hobi, dan interest yang sama untuk selanjutnya memberikan informasi ataupun mengirim pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi para pengguna Twitter pada postingan akun @Askrlfess terkait ungkapan meminta pendapat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode etnografi virtual serta teori konvergensi simbolik sebagai teori pendukung penelitian. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika interaksi yang dilakukan oleh pengikut akun Twitter @Askrlfess dipicu oleh postingan terkait ungkapan meminta pendapat. Faktor-faktor yang mendorong pengikut akun @Askrlfess melakukan interaksi ada beragam, diantaranya adalah mengisi waktu luang, topik yang seru, hingga adanya keinginan untuk membantu memberi saran</p> Safitri Riyanti, Mohammad Insan Romadhan, Herlina Kusumaningrum Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3691 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS FRAMING ACARA MATA NAJWA DAN INDONESIA LAWYER CLUB DALAM KASUS TRAGEDI KANJURUHAN 2022 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3692 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan bagaimana gaya pengemasan program atas Tragedi Kanjuruhan 2022 dalam acara Mata Najwa dan Indonesia Lawyers Club. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori framing dari Robert N. Entman yang berfungsi untuk melihat tujuan dari realitas itu terjadi dan bagaimana wartawan membingkai realitas tersebut sebagai berita yang disebarkan ke publik. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan memberikan analisis teori framing Robert Entman. Pada penelitian ini menggunakan video dari youtube Mata Najwa yang berjudul Tragedi Kanjuruhan #UsutsampaiTuntas dan ILC yang berjudul Bisnis dibalik Kanjuruhan. Pada Mata Najwa berfokus pada saksi dan korban sebagai pihak yang sangat terlibat dalam tragedi ini. Acara tersebut memframing narasi-narasi yang secara tidak sengaja membela korban dengan banyaknya porsi penjelasan dari saksi serta keluarga korban. Ia menjelaskan pemerintah sebagai pihak otoritas mampu mengusut tuntas permasalahan tersebut. Pembahasan mengenai adanya pelanggaran HAM (berdasarkan saksi) juga menjadi salah satu framing di Mata Najwa dimana itu menjadi keterikatan antara supporter sepak bola dengan pihak lainnya. Pada framing yang dilakukan ILC, peneliti menemukan sudut pandang berbeda yang dilakukan. Pada ILC mereka memfokuskan pada bisnis apa saja yang terjadi selama pertandingan. Bukan hanya bisnis, tapi lebih ke regulasi sepakbola yang tidak diaati. Framing tersebut dapat menjelaskan adanya ketidakterikatan secara sosial antara supporter sepakbola dengan pihak lainnya. Narasumber menganggap adanya campur tangan kapitalis yang menggiring opini mengenai bisnis ini merupakan penyebab utama dari tragedi Kanjuruhan.</p> Saraswati Candra Dewi,, Jupriono, Amalia Nurul Muthmainah Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3692 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 PELAKSANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JAWA TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN LOKAL KEBUN BINATANG SURABAYA https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3693 <p>Penelitian ini membahas mengenai “Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Lokal Kebun Binatang Surabaya” yang dimana didalam destinasi wisata ini menawarkan satwa yang terbilang lengkap dan menjadi salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jawa Timur dalam meningkatkan daya tarik wisatawan lokal kepada salah satu destinasi yang ada di Kota Surabaya yaitu Kebun Binatang Surabaya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi data penelitian ini diperoleh. Bentuk pelaksanaan strategi komunikasi pemasaan yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Kebun Binatang Surabaya yaitu dengan pemasaran interaktif, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat yang digunakan sebagai media promosi serta untuk berinteraksi lebih dekat dan langsung dengan calon pengunjung atau masyarakat dengan menanggapi saran dari masyarakat, membalas komentar di sosial medianya baik positif maupun negatif. Tanpa disadari hal ini merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai wisata destinasi kepada masyarakat luas. Hal ini dimanfaatkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur sebagai sebuah informasi yang dapat digunakan untuk menarik minat kunjungan wisatawan lokal khususnya ke Kebun Binatang Surabaya.</p> Septyara Rachma Rindra, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3693 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Proses Penetrasi Sosial Pada Pertemanan di Second Account Instagram (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3694 <p>Membangun hubungan pertemanan pastinya membutuhkan proses untuk mencapai tingkat kedekatan yang diinginkan. Majunya teknologi, membuat individu pada jaman sekarang kerap menggunakan Second Account Instagram sebagai sarana mengekspresikan diri dengan bebas dan mempererat circle pertemanan yang kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penetrasi sosial pada pertemanan di second account Instagram. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Semester 8. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teori penetrasi sosial guna membantu pemecahan</p> <p>bagaimana subjek penelitian dalam membangun hubungan pertemanan dari tingkatan superfisial hingga tingkatan intimate lalu ditambahkan ke second account Instagramnya. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah subjek menambahkan atau memasukkan teman ke second account Instagramnya karena suatu hal yang menurut standar keinginannya sudah mencukupi (seperti komunikasi lancar, tidak judgmental, menerima apa adanya, bisa dipercaya, terbuka, sefrekuensi, tidak julid, saling melengkapi, humor yang nyambung, hobi atau kesukaan yang sama, easy going &amp; talkative dll) sehingga subjek penelitian tidak harus memiliki hubungan yang sangat dekat atau intimate atau intensitas yang tinggi terlebih dahulu dengan temannya. Selain itu, subjek juga bisa mengetahui capaian tingkatan pertemanan yang mereka bangun selama ini.</p> Shafira Dinda Febriola,, Mohammad Insan Romadhan, Herlina Kusumaningrum Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3694 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Komunikasi menggunakan E-learning dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3695 <p>Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui hubungan antara komunikasi melalui pembelajaran elektronik dengan motivasi belajar mahasiswa. Model Komunikasi Lasswell dan motivasi digunakan sebagai indikator pengukuran penelitian. menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 292 orang, dan diambil sampel sebanyak 75 orang dari populasi tersebut dengan menggunakan rumus Slovin. Uji Hubungan Product Moment digunakan untuk membatalkan temuan penelitian pada nilai p = 0,000 0,05, artinya H1 diterima (0,625 &gt; 0,05) dan Ho ditolak (tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi E-learning dengan motivasi belajar) . Temuan penelitian menunjukkan hubungan yang sangat menguntungkan antara motivasi belajar siswa dan komunikasi melalui e-learning.</p> Sholikhatun Nisa,, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, Muchamad Rizqi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3695 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Komunikasi Melalui Instagram @ikoy2an Arief Muhammad Dalam Membangun Personal Branding https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3696 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses strategi komunikasi yang dilakukan oleh @ikoy2an Arief Muhammad dalam upayanya membangun personal branding melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Self Presentation oleh Erving Goffman sebagai kerangka teoritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi @ikoy2an yang menggunakan Arief Muhammad sebagai komunikator utama berdasarkan popularitas dan kemampuannya dalam berinteraksi dengan audiens. Dengan fokus pada pengguna aktif media sosial yang tertarik pada hiburan dan hadiah, strategi ini menggunakan pesan-pesan sederhana dan mengundang interaksi untuk menarik perhatian dan keterlibatan pengikut. Instagram, khususnya melalui fitur Instagram Stories, digunakan sebagai media utama untuk berinteraksi langsung dengan pengikut, seperti mengajukan pertanyaan, dan memberikan informasi tentang konten berbagi hadiah. Gaya komunikasi unik, penyesuaian konten dengan minat pengikut, dan kolaborasi dengan pengguna lain menjadi faktor penting dalam membangun personal branding Arief Muhammad dalam strategi ini.</p> Sidhiq M AsySyifa Bz Zakaria,, Muchamad Rizqi, Ni Made Ida Pratiwi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3696 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM BALAI TAMAN NASIONAL KOMODO TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3698 <p>Media sosial adalah salah satu media instan yang sekarang ini memiliki berbagai fungsi dalam perannya. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, media massa juga menjadi sarana bagi penggunanya untuk menggali berbagai informasi. Akun IG Btn_Komodo adalah pemanfaatan sarana yang mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi mengenai Balai Taman Nasional Komodo. Ada beberapa penerapan Akun Ig Btn_Komodo adalah mengadakan beberapa kegiatan atau festival kesenian dan mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan hidup, khususnya di taman nasional komodo tersebut pada hari memperingati lingkungan hidup serta memposting segala aktivitas dan informasi lainnya mengenai Taman Nasional Komodo tersebut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode riset kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil Penelitian dengan Uji Regresi Linear Sederhana menunjukkan ada pengaruh antara Terpaan Akun Instagram BTN Komodo terhadap Minat Kunjung Wisatawan Domestik dengan nilai sig&lt;0,05. Terpaan akun Instagram memiliki pengaruh sebesar (6,93%) terhadap minat berkunjung responden ke BTN Komodo. Dapat ditarik kesimpulan bahwa responden yang sering mengakses media sosial Instagram, terutama yang sering mengakses informasi yang berhubungan mengenai tempat Wisata di media sosial Instagram, cenderung ingin mengunjungi BTN Komodo saat melihat informasinya di media sosial Instagram</p> Sisilia Jenlita Sara, Widiyatmo Ekoputro, Maulana Arief Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3698 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Program Corporate Social Responsibility PT. ISM Bogasari Flour Mills Surabaya dalam Meningkatkan Hubungan Baik dengan Stakeholder Eksternal https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3701 <p>Program CSR (Corporate Social Responsibility) memiliki peran penting bagi keberlangsungan suatu perusahaan dalam kegiatan operasionalnya. Melalui CSR perusahaan mampu meningkatkan hubungan baik dengan para stakeholder-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Analisis Program Corporate Social Responsibility PT. ISM Bogasari Flour Mills Surabaya dalam Meningkatkan Hubungan Baik dengan Stakeholder Eksternal. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Terdapat satu informan primer dalam penelitian ini yaitu Kepala HR Bogasari Surabaya dan dua informan pendukung yaitu pihak Kecamatan Pabean Cantikan dan Warga Kecamatan Pabean Cantikan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data. Penelitian ini menggunakan model public relations James Grunig Todd Hunt. Hasil penelitiannya adalah pelaksanaan CSR Bogasari Flour Mills Surabaya terjadi persamaan pemahaman dengan masyarakat, adanya hubungan mutualisme, dan terjadi komunikasi dua arah yang berimbang dengan masyarakat sehingga mampu membentuk hubungan baik dengan masyarakat selaku stakeholder eksternalnya. Dengan itu, dapat disimpulkan pada pelaksanaan program CSR PT. ISM Bogasari Flour Mills Surabaya terjadi penerapan model public relations Two-Way Symmetric atau komunikasi simetris dua arah.</p> Sofia Nailul Izzah, Maulana Arief, Mohammad Insan Romadhan Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3701 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERFORMA KERJA CV CIPTA AGUNG https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3704 <p>Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan bahwa kinerja karyawan CV Cipta Agung dalam bekerja dipengaruhi secara positif atau signifikan oleh masalah komunikasi interpersonal. dengan menggunakan teknik kuantitatif. berasal dari survei online berbasis skala Likert. Ketika seluruh populasi dijadikan sampel, pendekatan pengambilan sampel digunakan, bersama dengan bentuk kejenuhan sisi. Paket Statistik untuk Ilmu Sosial, yang terakhir dirilis sebagai IBM SPSS 25, adalah alat analisis yang digunakan dalam pekerjaan ini. Variabel output (X) memiliki hasil uji regresi linier sederhana sebesar F = 12,712 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,0000,01 untuk variabel (X) terhadap variabel (Y). Hasil Uji Korelasi Nilai Korelasi People sebesar 0,559 dapat dijadikan patokan untuk menunjukkan bahwa korelasi lebih besar dari 0,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas (X) berpengaruh sebesar 3,12% terhadap variabel terikat (Y) dengan koefisien R Square sebesar 0,312. Ketika nilai estimasi (t) = 3,565 diterima dengan tingkat signifikansi 0,000 0,01, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel (X) dan (Y). untuk menyadari bahwa komunikasi interpersonal secara signifikan meningkatkan kemampuan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Penciptaan yang menakjubkan.</p> Sylvia Indah Safitri, Maulana Arief, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3704 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Resepsi Pesan Anti Kekerasan Seksual Di Akun Instagram Magdaleneid Oleh Mahasiswi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3707 <p>Penelitian ini berjudul Analisis Resepsi Pesan Anti Kekerasan Seksual di Akun Instagram @Magdaleneid Oleh Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya, penelitian ini meneliti mengenai resepsi mahasiswi UNTAG Surabaya pada konten pesan anti kekerasan seksual yang sudah di unggah pada akun Instagram @magdaleneid. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi serta menggunakan paradigma konstruktivis. Penggalian data dilakukan dengan wawancara kepada Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya, observasi dan juga studi kepustakaan. Peneliti berharap penelitian ini akan memberi warna pada penelitian-penelitian analisis resepsi dan sebagai referensi dalam kajian media. Selain itu Peneliti berharap penelitian ini akan memberi manfaat untuk mengetahui pemaknaan edukasi anti kekerasan seksual yang dilakukan sebuah akun instagram.</p> Tabhita Safira Dewanto,, Teguh Priyo Sadono, Irmasanthi Danadharta Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3707 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Dramaturgi Wanita Pengguna Aplikasi Kencan Online Bumble https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3717 <p>Di tengah maraknya penggunaan aplikasi kencan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, banyak persoalan yang dianggap aneh dan tidak biasa. penelitian ini dilakukan untuk membahas tentang makna dan pemahaman masyarakat mengenai masyarakat yang menggunakan aplikasi kencan daring. Seperti halnya kencan pada saat belum adanya kencan online, penelitian ini menjawab dua permasalahan yaitu apa motivasi pengguna memakai aplikasi kencan online dan bagaimana panggung depan (Front Stage), Panggung Belakang (Back Stage), dan manajemen kesan yang dilakukan wanita pengguna aplikasi kencan online Bumble yang mana nantinya akan dikaitkan dengan teori Dramaturgi Erving Goffman yaitu tentang perbedaan perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang bisa disebut seperti sebuah drama yang dipentaskan di atas panggung dan bisa saja tidak sama dengan perilaku aslinya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara kepada subjek penelitian yang termeditasi Bumble dan didukung dari data yang didapatkan dari kepustakaan baik serupa artikel, jurnal ilmiah, dan juga buku. Penulis juga menggunakan paradigma interpretif yang memandang bahwa kebenaran atau suatu realitas tidak memiliki satu sisi, tetapi dapat memiliki banyak sisi. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa ketiga subjek penelitian yang menggunakan Bumble memiliki dua perilaku yang berbeda yaitu pada saat mereka berkomunikasi dalam medium Bumble dan pada saat tahap kencan awal secara tatap muka.</p> Tarisa Ikhtiara, Merry Fridha Tri Palupi, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3717 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH TERPAAN KONTEN GAMING TIKTOK TERHADAP PERILAKU SOSIAL PADA REMAJA DI KELURAHAN HULAAN, KABUPATEN GRESIK https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3720 <p>Perilaku mencerminkan bagaimana seseorang merasakan mengenai sesuatu. Kepribadian seseorang mencerminkan bagaimana mereka bereaksi dan berinteraksi dengan orang lain. Penggunaan Tiktok semakin meluas di kalangan remaja saat ini. Media sosial ini sangat populer di antara remaja di Hulaan, Kabupaten Menganti-Gresik, dan dampaknya mengganggu perkembangan stimulus mereka.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan Tiktok terhadap perilaku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif penelitian korelasional untuk menginvestigasi pada populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Variabel-variabel yang digunakan bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antara variabel independen dan variabel pada remaja di Hulaan, Kabupaten Gresik. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan kemudian diolah menggunakan aplikasi seperti Excel dan SPSS. Hasil pengamatan yang diambil berdasarkan data di Hulaan, Kab.Gresik, bahwa pengaruh Tiktok memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku remaja. Dampak baiknya dalam penggunaan tiktok yaitu mereka akan lebih cepat untuk mendapatkan informasi, edukasi, hiburan dll. Akan tetapi dampak buruk yang akan terjadi pada perilaku remaja adalah perubahan perilaku sosial sehingga remaja akan cenderung lupa akan waktu karena terlalu asik bermain tiktok.</p> Taufiq Ramdan, Arief Darmawan, Hamim Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3720 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Stereotype dan Labelling Gaya Berpakaian (Analisis Framing Konsep Cewek Kue, Bumi dan Mamba di Berita Lifestyle CNN Indonesia) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3723 <p>Istilah penggunaan Cewek Kue, Cewek Bumi dan Cewek Mamba merupakan konsep gaya berpakaian yang kini terdengar begitu familiar terutama dalam lingkup media sosial. Hal ini kemudian merambat hingga ke berbagai media termasuk media konvensional seperti pemberitaan dalam Lifestyle CNN Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis framing Pan &amp; Kosicki yang dilakukan CNN Indonesia pada pemberitaan lifestyle mengenai konsep gaya berpakaian Cewek Kue, Cewek Bumi dan Cewek Mamba sehingga membentuk stereotype dan labelling pada perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnalis Lifestyle CNN Indonesia cenderung menonjolkan berita yang menghubungkan kepribadian dengan konsep gaya berpakaian yang diklasifikasikan berdasarkan warna pakaian yang dikenakan. Melalui kecenderungan tersebut, peneliti juga menemukan bahwa cara pembingkaian yang dilakukan CNN Indonesia tersebut juga seolah-olah turut mendukung pembentukan stereotype dan labelling.</p> Tavana Yurens, Irmasanthi Danadharta, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3723 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Grande Garden Café Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Melalui Instagram https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3724 <p>Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat berdampak terhadap dunia bisnis dan menciptakan perubahan pada strategi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang sebelumnya lebih mengandalkan media cetak dan media elektronik serta interaksi langsung dengan konsumen kini telah terbarukan menjadi strategi komunikasi pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan media digital. Dalam penelitian ini, penulis akan menggali bagaimana strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh Grande Garden Cafe di Instagram dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, teori yang dipakai adalah teori Integrated Marketing Communicaion (IMC). Menurut Kotler dan Keller (2016) promotion mix kombinasi strategi yang paling baik dari unsur-unsur promosi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Grande</p> <p>Garden Café dianggap efektif dengan menerapkan alat-alat komunikasi seperti advertising (periklanan), personal selling (penjualan personal), sales promotion (promosi penjualan), direct marketing (pemasaran langsung), interactive internet marketing, dan public relations (hubungan masyarakat).</p> Teguh Putro Anugrah, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3724 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Instagram @ukulele_murah Sebagai Sarana Membangun Citra Merk Ukulele Cowboy https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3725 <p>Teknologi melonjak pesat, pemanfaatan media sosial harus diperhatikan salah satunya pemanfaatan sosial media Instagram. Akun @ukulele_murah menggunakan media sosial Instagram untuk membangun bisnis yang telah ada sejak tahun 2019. Bisnis yang dibangun menggunakan sosial media Instagram menjadikan akun ini mempunyai 15,5 ribu di instagramnya. Akun @ukulele_murah menjual berbagai alat music salah satunya ukulele yang juga di jadikan nama akun instagram dari bisnis tersebut. Dari hasil riset yang ditemukan peneliti ingin meneliti bagaimana akun @ukulele_murah melaksanakan pemanfaatan Instagram @ukulele_murah sebagai sarana membangun citra merk produk dari ukulele cowboy yaitu salah satu alat music yang dijual oleh akun @ukulele_murah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Rich Media dengan menggunakan acuan 4 elemen yaitu Kesegeraan, Keragaman Isyarat, Keragaman Bahasa,Sumber Personal. Hasil dari penelitian ini adalah akun @ukulele_murah menggunakan fitur Instagram dengan masing-masing pengelompokkan berdasarkan 4 elemen dari Teori Rich Media untuk melihat bagaimana pemanfaatan Instagram @ukulele_murah sebagai sarana membangun citra merk ukulele cowboy.</p> Tiara Septi Aulia, Mohammad Insan Romadhan, Ni Made Ida Pratiwi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3725 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Isi Konten Perkembangan Diri Pada Segment #Ternyata Begini Akun Youtube Cretivox https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3715 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten perkembangan diri pada segment<br>#TernyataBegini pada akun Youtube Cretivox. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori<br>Computer Mediated Communication untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang<br>berkontribusi terhadap penonton Cretivox. Metode penelitian ini menggunakan metode<br>analisis isi terhadap konten yang termasuk kedalam segment #TernyataBegini pada akun<br>Cretivox. Data penelitian diambil dari video – video yang diunggah dalam rentang waktu 14<br>Juli – 11 November 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan<br>dokumentasi terhadap video yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten<br>perkembangan diri pada segment #TernyataBegini pada akun Youtube Cretivox memiliki<br>beberapa karakteristik yang mungkin menyebabkan minat penonton. Hal tersebut dilihat dari<br>kategori yang dibuat oleh peneliti berupa konten post (view), karakteristik pesan<br>perkembangan diri, dan periode publikasi konten mulai dari bulan Juli hingga November.<br>Bedasarkan temuan ini, rekomendasi untuk meingkatkan minat penonton terhadap konten<br>perkembangan diri pada segment #TernyataBegini di akun Youtube Cretivox untuk<br>meningkatkan keunikan dan kebaruan konten, meningkatkan kualitas presentase dengan<br>melihat aspek visual yang menarik</p> Toriq Huda Setiawan, Merry Fridha Tri Palupi, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3715 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS THINGS ABOUT THEM https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3721 <p>Strategi komunikasi pemasaran saat ini menjadi hal yang sangat penting dalam hal berbisnis,<br>untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh pelaku bisnis mereka harus menentukan<br>beberapa aspek pemasaran terlebih dahulu agar pelaku bisnis meminimalkan untuk terhindar<br>dari kegagalan, hal ini bisa dilakukan oleh pelaku bisnis yang membangun melalui media<br>internet atau secara online, membangun usaha melalui media online bukan lagi menjadi hal<br>yang biasa, tetapi mengembangkan usaha melalui media online juga meningkatkan kemajuan<br>pelaku pebisnis, dan ini juga didasari oleh kesadaran para konsumen terkait merek yang kita<br>tawarkan.Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana iya<br>memasarkan produk dan mengenalkan merknya terhadap pelanggan dan memberikan<br>rekomendasi kepada pelaku bisnis setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi saat<br>mengoptimalkan toko onlinenya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana<br>dalam penelitian kualitatif, konseptualisasi, kategorisasi, dan deskripsi dikembangkan atas<br>dasar “kejadian” yang diperoleh ketika kegiatan lapangan berlangsung.</p> Ulfi Ramadhaniyah, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3721 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS NETNOGRAFI AKULTURASI BUDAYA PADA PENGGUNA APLIKASI KENCAN ONLINE BUMBLE DI USIA DEWASA AWAL https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3726 <p>Eksistensi media sosial menjadikan masyarakat berinteraksi secara digital, termasuk dalam mencari<br>jodoh. Berdasarkan data dari businessofapps.com, pada 2021 jumlah pengguna aplikasi kencan online<br>sudah mencapai 323,9 juta di seluruh dunia. Angka ini meningkat 10,3% dibandingkan tahun<br>sebelumnya yaitu 293,7 juta pengguna. Pada penelitian ini berfokus pada aplikasi kencan online<br>Bumble. Maraknya aplikasi kencan online menyebabkan pergesaran yang dimana dahulu dilakukan<br>secara tradisional dengan tradisi budaya yang dimiliki, namun kini dapat dilakukan dengan media baru<br>yakni media sosial aplikasi kencan online. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui<br>proses interaksi digital dalam pembentukan budaya akulturasi pada pengguna aplikasi kencan online<br>Bumble, dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan netnografi. Berlandaskan teori Social<br>Information Processing Theory (SIP) yang didukung oleh CMC (Computer Mediated Communication)<br>untuk melihat begaimana pembentukan budaya akulturasi pada pengguna Bumble secara mendalam di<br>dunia virtual. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara online, observasi partisipan,<br>dan dokumentasi dengan analisis data seperti perencanaan penelitian, Entree, pengumpulan data,<br>analisis temuan data, kemudian hasil penelitian dikompilasi dengan teori yang digunakan dalam<br>penelitian ini .</p> Vawqa Aviva Shania, Merry Fridha Tri Palupi, Herlina Kusumaningrum Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3726 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 PEMAKNAAN KONTEN PSIKOLOGI KEUANGAN OLEH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3727 <p>Pengembangan diri merupakan isu yang menarik perhatian masyarakat belakangan dan menjadi penting untuk dibahas karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sisi internal seperti kondisi psikis dan emosional serta sisi eksternal individu yang mencakup lingkup sosial di mana kedua aspek itu sendiri pada akhirnya mempengaruhi seseorang dalam hal berpikir, bertingkah laku dan berinteraksi dengan sesama. Pola berpikir yang mempengaruhi individu dalam konteks pengembangan diri sejatinya dapat menjurus pada berbagai macam aspek contohnya perihal keuangan, keuangan sendiri merupakan isu yang terbilang sensitif dan dapat membentuk kepribadian seseorang berdasarkan besaran dana yang dimiliki. Berkaca pada susunan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow pengembangan diri dan keuangan termasuk dalam kebutuhan mendasar, jika kebutuhan mendasar tidak terpenuhi maka kebutuhan lainnya tidak dapat terpenuhi. Satu Persen secara singkat melalui tayangan video berdurasi 10 sampai dengan 25 menit mengedukasi para pengikutnya utamanya generasi Z perihal pengelolaan keuangan melalui kanal youtube dengan topik Psikologi Keuangan. Penelitian ini berupaya untuk diketahui resepsinya oleh enam orang informan yaitu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya terkait tayangan video Psikologi Keuangan yang terdapat pada kanal youtube Satu Persen, untuk itu metode penelitian yang digunakan adalah analisis resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga tipe khalayak aktif menurut Stuart Hall dalam penelitian ini diantaranya Hegemonic Dominant Position berjumlah tiga orang informan, Negotiated Position berjumlah dua orang informan dan Oppositional Position berjumlah satu orang informan. Resepsi yang disampaikan oleh para informan berdasarkan pada pola pikir yang cukup kritis dan berdasarkan pada realita yang ada, pengalaman dan juga kondisi lingkungan sekitar informan</p> Victoria Angelina, Merry Fridha Tri Palupi, Herlina Kusumaningrum Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3727 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Program Employee Relations Dalam Membangun Produktivitas Karyawan Di Perusahaan Vapeboss https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3728 <p>Yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah startegi employee relations dalam membangun produktivitas karyawan perushaan Vapeboss. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini yakni, untuk mengetahui bagaimana strategi employee relations yang diterapkan oleh perusahaan Vapeboss dalam membangun produktivitas karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam peneltian ini meliputi dua teori yakni teori komunikasi organisasi dan juga komunikasi interpersonal. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu praktisi public relations Vapeboss dan juga 3 karyawan Vapeboss. Hasil dari penelitian ini berupa adanya hubungan antara strategi employee relations dalam membangun produktivitas karyawan, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara yang telah dilakukan</p> Viga Viesta Virginia, Muchammad Rizqi, Edy Sudaryanto Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3728 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan Instagram Dalam Membangun Brand Image Grande Garden Café Prigen https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3729 <p><span class="fontstyle0">Perkembangan teknologi mendorong munculnya media sosial sebagai media yang digunakan dalam hal penjualan dalam membangun brand image yang baik di mata khalayak, termasuk media sosial Instagram. Demikian yang dilakukan Grande Garden Café sebagai tempat usaha yang membangun brand image yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Instagram dalam membangun brand image grande garden café prigen. Konsep teori yang digunakan adala teori kekayaan media (Media Rich Theory) yang terdiri dari kecepatan umpan balik, sumber personal, keragaman isyarat, dan variasi Bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancra, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yakni Triangulasi Sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akun Instagram @grande_gardencafe mampu menggunakan media sosial sebagai media informasi dengan baik, hal ini dapat dilihat dari kesesuaian pada empat kriteria dalam teori kekayaan media, walaupun demikian masih harus konsisten serta mengingatkan kembali agar semakin baik kedepannya</span> </p> Vinda Tri Ayu Septi, Mohammad Insan Romadhan, Ni Made Ida Pratiwi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3729 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Pesan Edukatif Tayangan Jejak Si Gundul Episode Manisan Ampo Pada Channel Youtube Trans7 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3730 <p>YouTube merupakan media sosial dimana seseorang dapat dengan mudah mengakses video. Tetapi banyak yang pro dan kontra karena berpeluang memberikan efek negatif. Tetapi YouTube juga menawarka program edukasi seperti Jejak si Gundul, yang dikemas menarik dan memuat pesan edukasi. Penelitian ini bertujuan agar bisa mengetahui pesan edukatif pada konten Jejak Sigundul Eposide Manisan Ampo. Jenis penelitian adalah kualitatif dan menggunakan metode analisis semiotika Charles sanders peirce, model triadic meaning semiotic yang terdiri dari Sign,Object dan interpretant. Dokumentasi dan Observasi merupakan Teknik pengumpulan data penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan Sign pesan Edukasi yang ada didalam video Jejak sigundul episode Manisan ampo berupa simbol. yaitu gerakan, dialog, dan sikap. Object pesan edukasi yaitu Bahasa jawa, tanggung jawab, percaya diri, dan belajar dengan bersungguh-sungguh. Interpretasi pesan Edukasi adalah adanya nilai pendidikan antara lain nilai budaya, moral, dan sosial. Pesan nilai budaya yaitu rasa bangga menggunakan Bahasa jawa. Pesan nilai moral yaitu sikap tanggung jawab, sikap berani, sikap percayadiri, bersungguh sungguh dan berusaha. Dan pesan nilai sosial yaitu sikap Kerjasama</p> Wahyu Mardwiyanto, Muchammad Rizqi, Ni Made Ida Pratiwi Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3730 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS SEMIOTIKA PERGESERAN MASKULINITAS PADA IKLAN SHAMPOO HEAD & SHOULDERS VERSI JOE TASLIM X FADIL JAIDI https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3722 <p>Iklan bukan hanya sekedar menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu produk tertentu, melainkan dilihat dari makna konsep didalam iklan menunjukkan adanya pergeseran maskulinitas pada iklan shampoo Head &amp; Shoulders. Iklan ini dipilih karena melibatkan dua tokoh laki-laki yang memiliki citra maskulinitas yang kuat di masyarakat Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa konsep terkait dengan <em>stereotyp</em>e maskulinitas dalam budaya patriarki yang mengambarkan Joe Taslim, seorang aktor dengan citra maskulinitas tradisional yang kuat sebagai pria yang memiliki kekuatan fisik, keberanian, dan ketangguhan. Sedangkan kehadiran Fadil Jaidi digambarkan sebagai seorang laki-laki <em>soft </em>yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap penampilannya. Hal ini menunjukkan bahwa maskulinitas tidak hanya terkait dengan atribut fisik, tetapi juga melibatkan kepedulian terhadap penampilan dan perawatan diri. Jenis penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes khususnya dalam mengidentifikasi tanda-tanda visual dan verbal yang terdapat dalam iklan</p> Widya Nur Hayati, Merry Fridha Tri Palupi, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3722 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 FRAMING BERITA KAMPANYE LGBT PIALA DUNIA QATAR 2022 OLEH MEDIA BOLA.COM EDISI NOVEMBER 2022 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3719 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bola.com, salah satu media olahraga di Indonesia, membingkai pemberitaan mengenai peristiwa polemik kampanye LGBT pada Piala Dunia 2022 Qatar edisi oktober-november 2022. Dalam penelitian ini terdapat dua teori yang digunakan oleh peneliti untuk mengamati dan menganalisa peran media Bola.com dalam membingkai berita. Teori pertama adalah pendekatan framing model Robert N. Entman dan teori kontruksi media massa. Terdapat 4 model dari framing Robert Entman yang digunakan peneliti, antara lain mengidentifikasi masalah <em>(Problem Identification)</em>, menemukan penyebab masalah <em>(Causal Interpretation), </em>membuat keputusan moral <em>(Make Moral Judgement)</em>, dan menyarankan sebuah solusi atas masalah <em>(Treatment Recommendation)</em>. Teori kontruksi media massa adalah berita yang disiarkan dan disampaikan oleh media massa terbentuk dari realitas yang dipengaruhi oleh ideologi atau pandangan wartawan dan media. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bola.com membingkai berita kontroversi LGBT pada saat Piala Dunia 2022 berlangsung antara negara kontestan dan para suporter atau penggemar sepak bola dengan tuan rumah Qatar yang melarang segala hal aktivitas yang menyangkut dengan LGBT (2) Media Bola.com tidak langsung sepenuhnya beranggapan bahwa semua negara kontestan Piala Dunia melakukan aktivitas tersebut (3) Media menyusun isu dan polemik sesuai dengan perkembangan yang telah terjadi, sehingga tidak menimbulkan persepsi buruk dari khalayak ramai. (4) Beberapa negara kontestan Piala Dunia yang melakukan aktivitas LGBT dimunculkan oleh Bola.com dengan kemasan dan jatah yang cukup berbobot, memunculkan pandangan dari beberapa negara tersebut kemudian FIFA dan Qatar dalam pernyataannya yang disebut oleh Bola.com dapat memberikan sudut pandang dan wawasan kepada masyarakat terkait polemik kampanye LGBT yang sedang marak saat Piala Dunia 2022 berjalan.</p> Wildan Rahman Alief, Widiyatmo Ekoputro, Maulana Arief Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3719 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Marketing Public Relations PT Semar Punakawan Abadi Dalam Membangun Brand Awareness Pada Masyarakat Surabaya https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3718 <p>Korudo Ice Cream adalah <em>brand </em>es krim baru yang hadir di Indonesia, dengan persaingan di industri es krim yang masif. Sebagai perusahaan yang baru terjun di industri es krim di Indonesia, PT Semar Punakawan Abadi sebagai distributor es krim Korudo, tentu tidak terlepas dari hambatan dalam memasarkan produk-produk dan citra perusahaannya sebagai brand baru di industri es krim meliputi bagaimana dan apa strategi <em>Marketing public relations-</em>nya dalam memasarkan citra perusahaannya kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Marketing public relations PT Semar Punakawan Abadi dalam membangun brand awareness pada masyarakat Surabaya. Teori yang digunakan adalah empat langkah proses public relations. Metode peneltian deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi Marketing Public Relations PT Semar Punakawan Abadi yang berusaha memperkenalnya produknya pada masyarakat dengan menerapkan tujuh aktivitas/kegiatan public relations untuk meningkatkan brand awareness serta citra perusahaannya</p> Winda Sefia Redina, Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3718 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS WACANA KRITIS VAN DIJK TERHADAP BERITA PEKAKOTA PADA RUBRIK PROPAGANDA HYSTERIA DALAM ZINE “JALAN TERUS, TUMBUH BERSAMA KOTA” https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3712 <p>Kolektif Hysteria Semarang yang bergerak untuk mewujudkan ekosistem bidang kesenian, kreativitas yang sehat, menyejahterakan dan bergerak dalam pemberdayaan anak muda berbasis kolektivitas dalam menggali trobosan kepada isu-isu kota dan komunitas, memanfaatkan ruang diskusi yang dilakukan dengan cara berkomunikasi antara satu dengan yang lain dengan memanfaatkan media alternatif sebagai wadah bertukar informasi atau melimpahkan semua gagasan yang nantinya akan diterima para anggotanya. Komunitas Hysteria memanfaatkan media komunitas berupa media alternatif yakni zine pada rubriknya Propaganda Hysteria dengan salah satu tema besar yang juga merupakan projek kolektif Hysteria yang dipublikasikan yakni Pekakota, sebagai wadah komunikasi kelompoknya dalam menyiarkan berbagai berita dan informasi yang dapat dinikmati oleh pengikutnya berupa membahas isu-isu lokal yang berada di kota Semarang. Menghantarkan gagasan-gagasan yang ingin disebarluaskan kepada warga yang membutuhkan informasi terkait, perkembangan komunitas, serta karya seni rupa dan sastra. Penelitian ini berimplikasi terhadap wacana yang ingin dikuatkan sesuai dengan nilai-nilai pada gagasan utama Pekakota yakni fokus pada produksi pengetahuan kota bersama warga untuk mendorong rasa kepemilikan terhadap kota, mempunyai perhatian pada pemanfaatan ruang publik, mengajak dalam memelihara sejarah perkotaan, mengajak warga untuk perduli pada pelestarian kampung perkotaan, serta berkolabolator dengan berbagai kalangan. Dengan penelitian dengan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk bertujuan untuk menganalisisstruktur teks, kognisi sosial, dan konteks sosial pada rubrik propaganda Hysteria dalam zine “Jalan Terus, Tumbuh Bersama Kota”</p> Windy Putri Ramadhani, Lukman Hakim, Maulana Arief Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3712 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Personal Branding Tasya Farasya Melalui Media Sosial Instagram https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3710 <p>Pengguna media sosial menyumbang sebagian besar peningkatan penggunaan internet di Indonesia. Instagram adalah salah satu dari banyak jenis media sosial. Instagram salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan oleh kalangan remaja saat ini. Dengan adanya fitur-fitur pada aplikasi instagram memberikan fungsi lain yang dapat dimanfaatkan bagi para pengguna dalam membangun bisnis, melakukan promosi brand, dan pembentukan personal branding. Tetapi pada kenyataannya masih banyak ditemukan penyalahgunaan media sosial instagram dengan melakukan cyber bulliying aneka komentar tajam dan merendahkan yang dilontarkan pada akun media sosial tanpa tahu kebenarannya atau sekedar ikut-ikutan yang sedang viral. Melalui penelitian ini peneliti akan berfokus pada pembahasan mengenai personal branding sebagai sebuah solusi yang diharapkan akan bermanfaat bagi para pembaca dalam membentuk personal branding di instagram sebagai salah satu pemanfaatan media sosial dengan baik. Peneliti melakukan penelitan yang berjudul “Strategi Personal Branding Tasya Farasya Melalui Media Sosial Instagram” menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Personal branding Tasya Farasya melalui media social instagram dibentuk dengan baik. Sebagai beauty influencer Tasya Farasya selalu konsisten dalam mengunggah konten kecantikan. Memiliki prestasi di bidang kecantikan hingga dipercaya oleh beberapa brand terkenal untuk sebagai brand ambassador membuktikan bahwa Tasya Farasya memiliki kredibilitas sebagai beauty influencer.</p> Xaverina Siahaan, Edy Sudaryanto, Amalia Nurul Muthmainnah Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3710 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 TRANSPUAN DALAM KAJIAN KOMUNIKASI POLITIK DAN GENDER (STUDI KASUS : HENDRIKA MAYORA TRANSPUAN PERTAMA JADI PEJABAT PUBLIK DI KAB.SIKKA) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3708 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami perjuangan Hendrika Mayora dalam upaya mencapai posisi sebagai BPD di Kabupaten Sikka. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan paradigma intepretif memahami suatu peristiwa dan standpoint theory untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pengalaman dan makna subjektif Hendrika Mayora serta tanggapan masyarakat terhadap perjuangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjuangan Hendrika Mayora melibatkan hambatan seperti stereotip, diskriminasi, dan ketidaksetaraan gender dalam politik lokal. Namun, melalui strategi komunikasi politik yang efektif, Hendrika Mayora berhasil mempengaruhi pemilih dan meraih dukungan. Temuan ini menggarisbawahi nilai penting perjuangan Hendrika Mayora sebagai seorang transpuan dalam menggerakkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu kesetaraan gender dan hak-hak LGBT. Implikasi penelitian ini juga memperkuat arah pembukaan lebih banyak perwakilan publik dari kalangan transpuan di masa depan</p> Yana Ekarina Tali, Jupriono, Lukman Hakim Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3708 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pembentukan Citra Diri Penyandang Disabilitas Tunanetra Di Instagram https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3705 <p>Pada era digital yang terus berkembang, media sosial, seperti Instagram, menjadi sarana penting bagi individu dalam membangun citra diri mereka. Penyandang disabilitas tunanetra juga menggunakan Instagram sebagai platform untuk membentuk citra diri mereka dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam proses pembentukan citra diri penyandang disabilitas tunanetra melalui penggunaan Instagram. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis konten postingan, penelusuran hashtag relevan, dan wawancara dengan sejumlah penyandang disabilitas tunanetra yang aktif di Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyandang disabilitas tunanetra menggunakan Instagram untuk mengungkapkan identitas dan keberagaman mereka, memperkuat rasa mandiri dan harga diri, serta mempromosikan inklusi dan kesadaran sosial. Mereka membagikan pengalaman pribadi, pencapaian, dan aktivitas sehari-hari melalui foto, video, dan cerita yang menginspirasi. Dalam membentuk citra diri mereka, penyandang disabilitas tunanetra juga berinteraksi dengan pengguna lain, termasuk pengikut dan komunitas yang serupa. Mereka memanfaatkan fitur aksesibilitas Instagram, seperti deskripsi gambar dan teks alternatif, untuk meningkatkan aksesibilitas konten mereka bagi pengguna dengan disabilitas visual. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai peran Instagram dalam pembentukan citra diri penyandang disabilitas tunanetra. Hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kehidupan dan tantangan <span class="fontstyle0">yang dihadapi oleh penyandang disabilitas tunanetra, serta untuk mempromosikan inklusi dan kesetaraan dalam platform media sosial</span> </p> Yashica Ulya Navindri, Arif Darmawan, Dewi Sri Andika Rusmana Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3705 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 KOMUNIKASI INTERPERSONAL “HELPER” DENGAN PENUMPANG SUROBOYO BUS DALAM MENGEDUKASI KEBIJAKAN LINGKUNGAN TRANSPORTASI https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3689 <p>Pada dasarnya komunikasi interpersonal merupakan komunikasi antar dua oang atau lebih dimana biasanya disebut komunikan dan komunikator. Komunikasi interpersonal ini secara tidak langsung digunakan oleh masyarakat di dalam kehidupannya sehari-hari, dan di dalam komunikasi ini pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda namun adanya komunikasi interpersonal ini juga memudahkan khalayak dalam menyampaikan sebuah informasinya dan menerima <em>feedback. </em>Dalam penelitian ini, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan teori Joseph Devito Komunikasi Antar Pribadi, untuk teknik pengambilan data peneliti ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini yaitu Komunikasi Interpersonal <em>Helper </em>kepada penumpang dalam mengedukasi kebijakan lingkungan transportasi, adapun temuan dari penelitian ini adalah Kordinator menetapkan Kebijakan kepada <em>helper </em>untuk mengedukasi penumpang mengenai kebijakan yang ada dari tidak boleh membayar langsung di dalam bus, makan dan minum dan lain-lain. Dan kebijakan tersebut <em>Helper </em>perlu mengedukasi mengenai kebijakan lingkungan transportasi demi kenyamanan dan keamanan bersama</p> Yulia, Amalia Nurul Muthmainnah Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3689 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Representasi Nilai Maskulin Pada Tokoh Dewi Sri Dalam Iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung’ https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3688 <p>Iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung’ merupakan iklan yang mengandung sebuah makna yang dapat membangun semangat para penontonnya. Alasan meneliti iklan ini karena dalam iklan Marjan 2022 mengandung sebuah pertukaran pengklasifikasian gender, yang mana Dewi Sri sebagai tokoh utama memiliki sifat yang maskulin. Seperti yang diketahui oleh masyarakat, sifat maskulin identik dengan laki-laki, sedangkan feminin adalah sifat yang identik dengan perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk membongkar adanya nilai maskulinitas pada Dewi Sri dalam iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung”. Penelitian ini menggunakan teori representasi miliki Stuart Hall dan metode analisis semiotika miliki Charles Sanders Peirce yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu Sign, Object, dan Interpretant. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya nilai maskulin yang dimiliki oleh tokoh Dewi Sri terlihat dari aktivitas dan aksi yang ditampilkan dalam iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung’</p> Yulia Putri Asri, Teguh Priyo Sadono, Dewi Sri Andika Rusmana Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3688 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KONTEN TIKTOK TERHADAP TINGKAT CUSTOMER ENGAGEMENT (SURVEI PADA CUSTOMER INDOBEAUTYNESIA) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3685 <p>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivisme. Dengan Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Teknik random sampling. Pada jenis penelitian kuantitatif di penelitian ini menggunakan dua buah variabel dimana salah satunya yakni konten TikTok dan customer engagement. Jenis penelitian ini juga ditujukan untuk menguji pengaruh antara konten tiktok terhadap tingkat customer engagement dalam TikTok</p> <p>Indobeautynesia. Konten Tik tok merupakan video kreatifitas yang dikemas oleh kreator sehingga memberikan efek spesial yang unik dan informatif kemudian diunggah melalui aplikasi Tiktok sehingga dapat menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Sedangkan, Customer engagement merupakan suatu kegiatan yang melibatkan konsumen didalamnya dan secara tidak langsung dapat digunakan untuk pencarian, evaluasi alternatif, dan pengambilan keputusan yang melibatkan suatu brand tertentu. Dari hasil penelitian ini berupa perbedaan persepsi audience disebabkan oleh kualitas dari konten. Berkaitan dengan popularitas TikTok, konsep konten digital dapat digunakan sebagai media promosi dan telah cukup efektif dalam mengkomunikasikan sebuah produk yang di promosikan. Bagi peneliti selanjutnya dapat melihat konten digital terhadap tingkat customer engagement ini dari sisi dengan menggunakan metode serta teori lain yang jauh lebih mendalam</p> Yulia Telana Widyarti, Teguh Priyo Sadono, Dewi Sri Andika Rusmana Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3685 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Kuasa Opinion Leader di Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Etnografi Kritis Desa Wisata Plunturan Kabupaten Ponorogo) https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3684 <p>Pada 2020 lalu, Desa Plunturan mendeklarasikan diri sebagai desa wisata dengan branding Dolan Plunturan. Akan tetapi, data dari BPS Provinsi Jawa Timur menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal di Desa Plunturan cenderung menurun hingga menginjak persentase 85% sejak April hingga Desember 2020, hal tersebut justru berbanding terbalik dengan branding yang selama ini digaungkan oleh masyarakat dan perangkat desa. Namun perkembangan Desa Wisata Plunturan ini mengalami stagnansi, peranan stakeholder yang terkikis oleh opinion leader. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teori Hegemoni Kekuasaan Birmingham, melalui paradigma kritis. Peneliti menemukan beberapa hal dalam kuasa opinion leader dalam pengembangan desa Wisata (Studi Etnografi Kritis Desa Wisata Plunturan). Kuasa opinion leader dalam kasus ini adalah Pak Sutrisno dan Mbah Ghani sebagai key opinion leader yang disegani dan dihormati oleh warga sekitar menghegemoni kekuasaan dengan cara membuat rencana desa wisata tanpa berkoordinasi dengan pemerintah desa sehingga peneliti menganggap peran <span class="fontstyle0">opinion leader </span><span class="fontstyle2">ini melangkahi peran pemerintah desa, contohnya dalam kasus pengembangan desa wisata (UMKM Mugi Berkah Lestari)</span> </p> Yulian Ibra Amiftakhul, Merry Fridha Tri Palupi, Herlina Kusumaningrum Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3684 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 Integrated Marketing Communication Skincare Ulthyme Untuk Membangun Brand Loyalty https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3682 <p>Sekarang untuk memasarkan suatu produk harus mengerti metode pemasarannya yang tepat salah satunya dengan strategi komunikasi pemasaran yang merupakan kegiatan untuk melakukan pemasaran agar dapat menyebarkan sebuah informasi, membujuk, mempengaruhi serta mengingatkan pada penjualan pasar agar produknya diterima, Biasanya pemasarannya dilakukan secara offline seperti dari mulut ke mulut tetapi karena adanya perkembangan jaman era digital sekarang pemasaran dilakukan secara online melalui E-Commerce. Salah satu ide yang terpenting dalam strategi pemasaran adalah loyalitas merek. Untuk mengetahui brand loyalitas skincare ulthyme dilakukannya integrated marketing communactions dengan promosi mix seperti, Advertising, Direct Marketing, Internet Marketing, Public Relation, Sales Promotion serta Personal selling dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil peneliti menjelaskan bahwa skincare ulthyme menggunakan bauran promosi mix untuk meningkatkan hasil penjualan serta kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang. Seperti pemasangan advertising online dan offline, menggunakan direct marketing melalui whatsapp dengan broadcast pesannya, menggunakan sales promotion seperti mengadakan promo dan mengendorse influencer, menggunakan public relation untuk menciptakan citra positif ulthyme, lalu menggunakan internet marketing agar ulthyme diketahui khalayak luas serta menggunakan personal selling agar produknya meningkat konsumennya</p> Zalsadella Fajarani Primandhira, Bagus Cahyo Adi Shah Pradana, Widiyatmo Ekoputro Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3682 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000 EKSISTENSI MEDIA LOKAL DI ERA SIARAN DIGITAL PADA TV KABEL PESONA TV https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3677 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksistensi pesona TV sebagai media lokal dan mengidentifikasi peran serta dampaknya terhadap masyarakat. Dalam era digital dan globalisasi media, pesona TV sebagai media lokal seringkali dianggap terpinggirkan oleh media digital dan internasional. Namun, penelitian ini akan menyoroti keunikan dan nilai-nilai yang dimiliki oleh pesona TV sebagai media lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan studi kasus pada beberapa program TV lokal yang populer di suatu wilayah tertentu. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan direktur utama, editor, dan pemirsa setia Pesona TV. Selain itu, juga dilakukan analisis konten visual dan naratif dari program-program tersebut.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori difusi inovasi, yang dimana teori ini digunakan untuk melihat eksistensi Pesona TV di era siaran digital dan bagaimana strategi Pesona TV sebagai media lokal dapat bertahan di era siaran digital.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya eksistensi pesona TV sebagai media lokal mampu menyajikan konten yang khusus dan relevan dengan budaya, tradisi, dan isu lokal yang dihadapi oleh masyarakat setempat. Namun terdapat kendala pada konsistensi penyiaran yang menyebabkan siaran pada frekuensi internet tersendat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya eksistensi pesona TV sebagai media lokal dalam konteks digital dan. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi produser, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam memperkuat peran dan dampak positif pesona TV sebagai media lokal</p> Zerico Bimantara, Merry Fridha Tri Palupi, Beta Puspitaning Ayodya Hak Cipta (c) 2024 https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/3677 Wed, 10 Jan 2024 00:00:00 +0000