Strategi Campaign Public Relations Pencegahan Pelecehan Seksual di Kereta Api pada PT KAI Daop 7 Madiun
Kata Kunci:
Kereta Api, Strategi Campaign, Pelecehan Seksual, Model PRAbstrak
Kereta api merupakan salah satu moda transportasi pilihan masyarakat Indonesia dalam
melakukan perjalanan jarak jauh. PT KAI Daop 7 Madiun sebagai perusahaan pengelola
angkutan darat perkeretaapian memberikan pelayanan terbaik agar jumlah penumpang setiap
tahunnya meningkat. Peningkatan jumlah penumpang dapat memicu terjadi tindakan pelecehan
seksual dan merugikan banyak orang terutama perempuan. Terjadinya tindakan pelecehan
seksual juga dapat merusak citra perusahaan. Begitupun PT KAI Daop 7 Madiun menjaga citra
melalui kampanye sebagai salah satu kegiatan untuk mencegah pelecehan seksual di kereta api.
Teori yang digunakan adalah teori excellence public relations dari James Grunig & Hunt.
Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi serta pada keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah melalui
keempat aspek model public relations PT KAI Daop 7 Madiun menerapkan model public
information melalui aspek tujuan, sifat/arah komunikasi, model komunikasi, dan penelitian.
Model public relations lainnya juga digunakan oleh PT KAI Daop 7 Madiun, yaitu two-way
symmetric melalui aspek sifat/arah komunikasi sebagai cara mensosialisasikan dengan
menyampaikan pesan dan memberikan edukasi kepada publik dan memastikan penumpang
kereta api tetap aman dan nyaman.