Strategi Branding Community Duta Muda Sidoarjo Melalui Program Sosialisasi Pendidikan Karakter di SMA Kabupaten Sidoarjo
Kata Kunci:
Branding Community, Duta Muda Sidoarjo, SosisalisasiAbstrak
Pada suatu organisasi branding community memiliki peranan yang sangat penting
dalam meningkatkan citra dan reputasi yang tinggi di mata masyarakat. Fungsi utama dari
branding community dalam organisasi yaitu untuk memperkenalkan organisasi di masyarakat
luar supaya dikenal dan mendapatkan citra positif dari masyarakat. Strategi branding
community memerlukan kegiatan dalam mengembangkan reputasi yang baik di masyarakat.
Duta Muda Sidoarjo merupakan organisasi kepemudaan binaan Dinas Kepemudaan, Olahraga
dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo yang bergerak di bidang pendidikan karakter. Akan tetapi,
di Kabupaten Sidoarjo masih minim pengetahuan mengenai pendidikan karakter. Melihat
fenomena tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana strategi branding community
Duta Muda Sidoarjo melalui program sosialisasi pendidikan karakter di SMA Kabupaten
Sidoarjo. penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Adapun uji kebasahan data
dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
branding community Duta Muda Sidoarjo melalui program sosialisasi pendidikan karakter di SMA Kabupaten Sidoarjo, dilakukan dengan menggunakan teori manajemen kesan meliputi
strategi ingratiation, self-promotion, exemplification dan intimidation. Adapun strategi
supplication tidak dilakukan. Hasil dari semua strategi itu kemudian di analisis menggunakan
teori boundary spanning. Dari strategi yang digunakan untuk keberhasilan program sosialisasi
yang dilakukan dengan pihak eksternal dan meningkatkan branding community organisasi.