Strategi Komunikasi Krisis Humas Satpol PP Dalam Pemulihan Citra pada Satpol PP Kota Surabaya

Penulis

  • Dimas Satria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bambang Sigit Pramono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Reputasi, Komunikasi Krisis, Restoration Image

Abstrak

Kondisi krisis adalah kondisi yang sangat menghawatirkan dan penting untuk menjaga reputasi di mata
publik, dalam kondisi krisis yang menyangkut pemerintah perlunya penanganan cepat sehingga
kepercayaan publik tidak menurun dengan drastis. peran media sosial dalam menjaga citra organisasi
pemerintahan sebagai sarana informasi dalam pengendalian informasi yang erat kaitannya dengan citra
dimata publik. dalam jangkauann yang mudah pemerintah butuh media sosial yang banyak peminatnya,
Instagram menjadi salah satu pilihan yang menjadi sarana informasi dengan banyak pengguna sehingga
penyebaran informasi dapat mencakup semua kalangan. oleh karena itu dengan menggunakan metode
kualitatif peneliti menguraikan mengenai bagaimana citra suatu organisasi pemerintah itu sangat
penting untuk menjaga stabilitas kepercayaan masyarakat serta mengelola citra suatu organisai
pemerintahan itu penting dan bagaimana menganalisa penerapan komunikasi krisis dengan
menggunakan teori restoration image dengan studi kasus di Instagram @satpolppsby peneliti
mengamati bagaimana peran media sosial Instagram Satpol PP berperan dalam penerapan strategi
komunikasi krisis dalam menangani isu kasus Jual barang sitaan yang terjadi pada 2022. hal ini juga
berkaitan dengan misi dinas Satuan Polisi Pamong Praja dengan menjadi intitusi yang dicintai
masyarakat, mewujudkan rasa aman, keterbukaan informasi organisasi pemerintah dengan melalui
konten instagram @satpolppsby dengan beragam tema dan topik seputar informasi pemerintah Kota
Surabaya dengan tujuan menyebarkan informasi yang dapat menjangkau seluruh lapisan publik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24