Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Buzz di Instagram (Studi Etnografi Virtual pada Produk Peninggi Badan Merk Tiens)

Penulis

  • Berlian Saldy Firdaus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irmashanti Danadharta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Sosial media, Instagram, Buzz, Produk, Etnografi Virtual

Abstrak

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat, dengan media sosial
menjadi alat komunikasi pemasaran yang penting. Dalam bisnis digital, buzzer menggunakan
buzz marketing untuk mempromosikan produk melalui media sosial dan menarik perhatian
audiens. Produk peninggi badan merek Tiens yang mencakup berbagai produk kesehatan dan
kebugaran memiliki potensi pasar. Penelitian ini memunculkan strategi buzz marketing produk
Tiens yang dipasarkan melalui Instagram, menggunakan metode etnografi virtual, teori
komunikasi pemasaran dan model AIDDA. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi komunikasi
pemasaran melalui buzz di Instagram efektif dalam membangun kepercayaan terhadap produk
Tiens. Buzzer aktif di setiap postingan yang viral dan banyak dilihat, diharapkan dapat
meningkatkan brand awareness dan penjualan. Dengan memberikan informasi yang jelas,
menjawab pertanyaan konsumen, dan berbagi testimoni pengguna, buzzer menciptakan citra
produk yang terpercaya dan berkualitas. Penawaran khusus seperti diskon dan promosi oleh
buzzer juga berhasil meningkatkan minat dan dorongan konsumen untuk mencoba produk,
memperkuat posisi merek di pasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24