ANALISIS VISUAL KONTEN INSTAGRAM REVERSEAS DALAM MEMBENTUK BRAND IMAGE
Kata Kunci:
Analisis Konten, Media Sosial, Instagram, Komunikasi Visual, @Reverseas, Brand ImageAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis visual konten pada platform media sosial Instagram
yang diterapkan oleh akun @reverseas_. Latar belakang masalah penelitian ini adalah
meningkatnya penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran digital, khususnya di kalangan
UMKM yang ingin membentuk brand image melalui visual konten yang efektif. Komunikasi
visual digunakan sebagai kerangka analisis untuk mengevaluasi efektivitas konten tersebut
dalam menarik perhatian, membangkitkan minat, menciptakan keinginan, dan mendorong
tindakan pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis konten
Instagram Reverseas mengungkapkan penerapan teori komunikasi visual yang lebih dari
sekadar estetika untuk menciptakan brand image yang kuat dan membina hubungan dengan
pengikutnya. Dengan menggunakan berbagai elemen visual secara strategis, Reverseas telah
menciptakan kehadiran online yang khas yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga secara
efektif mengkomunikasikan nilai-nilai merek mereka dan membina komunitas yang loyal
strategi konten yang diterapkan oleh akun @reverseas berhasil menarik perhatian melalui
visual yang menarik dan informasi dari isi konten yang relevan bagi pengikutnya