PERSONAL BRAND MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN OOTD (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2023)

Penulis

  • Putri Alviana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohhamad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nara Garini Ayuningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Personal Branding, OOTD, Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan Outfit of the Day
(OOTD) oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2023 dapat membentuk dan memperkuat
personal brand mereka. Personal brand, dalam konteks ini, mengacu pada citra dan identitas
pribadi yang diproyeksikan oleh mahasiswa melalui pilihan fashion dan penampilan seharihari yang mereka kenakan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi informan di lingkungan kampus, wawancara mendalam
dengan sejumlah mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2023 yang aktif, dan dokumentasi dari
hasil informan. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman yang
memandang interaksi sosial sebagai panggung teater di mana individu memainkan peran
tertentu untuk membentuk persepsi orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mahasiswa memanfaatkan OOTD sebagai alat untuk mengekspresikan diri, nilai-nilai mereka
dan membangun jaringan sosial. Penggunaan OOTD juga membantu mereka dalam
menciptakan identitas diri dan dikenali oleh publik, yang pada gilirannya memperkuat personal
brand mereka di lingkungan akademis dan sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
wawasan tentang proses pembentukan personal brand mahasiswa, khususnya mahasiswa ilmu
komunikasi. Dengan memahami dinamika ini, mahasiswa dapat menggunakan OOTD lebih
strategis untuk mencapai tujuan profesional dan pribadi mereka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24