Pendekatan Komunikasi Pendidikan Inklusif untuk : Tantangan dan Solusi Di SDN PacarKeling IX Surabaya

Penulis

  • Rachmad Renaldi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kun Muhhamad Adi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Tantangan Komunikasi, Strategi Pendidikan

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi semua individu, terutama dalam membentuk
karakter anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Komunikasi yang efektif
antara guru, siswa, dan orang tua memainkan peran penting dalam pendidikan inklusif. Artikel
ini mengkaji tantangan komunikasi yang dihadapi serta solusi yang dapat diterapkan untuk
mendukung pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar. Di
tingkat sekolah dasar (SD). Pendidikan karakter pada dasarnya adalah sesuatu hal
perjuangan bagi seseorang di setiap individunya untuk merasakan kebebasannya dalam
hubungan mereka dengan individu orang lain maupun lingkungannya. ABK diklasifikasikan
berdasarkan kebutuhan akademik, fisik, sensorik, dan emosional/perilaku, dengan penekanan
pada pentingnya identifikasi dan intervensi dini. Pendekatan yang diusulkan meliputi
penggunaan teknologi bantu, adaptasi metode pengajaran, pelatihan guru, kolaborasi dengan
orang tua, dan penciptaan lingkungan yang mendukung. Metode yang digunakan disini
observasi,wawancara dan beberapa dokumentasi Studi kasus di SDN Pacar Keling IX
mengilustrasikan implementasi pendidikan inklusif yang sukses, dengan menonjolkan
pendekatan pendidikan yang disesuaikan dan kebijakan yang mendukung untuk memenuhi
kebutuhan ABK tanpa mengorbankan kualitas pendidikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24