Komunikasi Interpersonal Pembina Kepada Anggota OSIS SMPN 41 Surabaya dalam Membentuk Produktivitas Kerja
Kata Kunci:
Komunikasi Interpersonal, Produktivitas Kerja Organisasi, Teori Pembentukan RelasionalAbstrak
Komunikasi interpersonal memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi untuk mencapai visi dan misi organisasi, salah satunya pada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 41 Surabaya. Sebagai organisasi kesiswaan yang keberadaannya pertama kali muncul pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), tentunya Pembina OSIS SMPN 41 Surabaya perlu melakukan bimbingan secara intensif kepada anggota OSIS agar dapat mewujudkan produktivitas kerja organisasi karena merupakan masa awal adaptasi mereka dalam sebuah iklim organisasi sehingga visi dan misi organisasi dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara Pembina OSIS dan Anggota OSIS SMPN 41 Surabaya dalam membentuk produktivitas kerja organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan secara mendalam bentuk komunikasi interpersonal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembina OSIS SMPN 41 Surabaya menerapkan penggunaan Teori Pembentukan Relasional berupa komunikasi kekuasaan-kepatuhan dan komunikasi afiliasi-disafiliasi dalam membentuk produktivitas kerja organisasi OSIS. Melalui komunikasi tersebut, Pembina OSIS dapat mengendalikan, memengaruhi, dan menjalin relasi yang baik dengan anggota OSIS, sehingga mendorong terbentuknya produktivitas kerja organisasi.