Analisis Resepsi Video Konten Amal MrBeast oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Kata Kunci:
Analisis Resepsi, Youtube, Konten Amal, FilantropiAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi resepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya terhadap video konten amal di kanal YouTube MrBeast. Pada 2 video yang digunakan untuk analisis penelitian ini, ditampilkan sosok Jimmy atau MrBeast yang sedang melakukan kegiatan filantropi berupa donasi dengan nominal fantastis hingga $300.000 kepada orang yang ditemuinya. Hal ini menarik minat peneliti untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa merespons konsep berbagi yang ditampilkan dalam video tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori analisis resepsi Stuart Hall, yang menghasilkan tiga posisi penerimaan khalayak yaitu Hegemoni Dominan, Negosiasi, dan Oposisional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Diperoleh hasil penelitian dari total 9 informan, terdapat perbedaan resepsi pada masing-masing informan. Interpretasi tersebut berasal dari pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh para informan di kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini sebagai berikut : dari total 9 informan yang dipilih, diketahui penerimaan terhadap video konten amal MrBeast ada sebanyak 6 diantaranya berada pada posisi Hegemoni, 2 diantaranya berada pada posisi Oppositional, dan 1 lainnya berada pada posisi Negotiated