Difusi Inovasi Penggunaan Media Quizziz Sebagai Media Komunikasi Interaktif di SMKN 13 Surabaya
Kata Kunci:
Quizizz, Media Pembelajaran Interaktif, Evaluasi, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif di SMKN Negeri 13 Surabaya. Melalui pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan dari berbagai sumber pustaka untuk menggambarkan efektivitas Quizizz dalam meningkatkan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Quizizz memiliki banyak keunggulan, termasuk kemudahan dalam pembuatan soal, pemberian umpan balik langsung, dan penyediaan statistik kinerja peserta didik. Fiturfitur interaktif Quizizz mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Meskipun ada beberapa kelemahan, seperti ketergantungan pada koneksi internet dan potensi kecurangan, secara keseluruhan, Quizizz terbukti efektif sebagai alat bantu pembelajaran. Saran yang diberikan meliputi perlunya penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi efektivitas Quizizz dalam berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan, serta pengembangan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital. Dengan implementasi saran ini, diharapkan Quizizz dapat lebih efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan