Strategi Aksi dan Komunikasi dalam Mengenalkan Biji Kopi Asli Indonesia dalam Komunitas Kopi Surabaya Coffee Antusias
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Komunitas KopiAbstrak
Kopi merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, baik pada kalangan muda maupun tua tanpa adanya batasan tingkatan sosial. Rutinitas dari aktivitas ini sering dilakukan di kedai kopi atau coffeeshop. komunitas kopi Surabaya Coffee Antusias memiliki tujuan untuk memperkenalkan biji kopi asli Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah komunitas kopi Surabaya Coffee Antusias memperkenalkan biji kopi asli Indonesia. Dengan teori aksi dan komunikasi. Teori ini dikemukakan oleh Cultip, Center dan Broom yang menyatakan bahwa bagaimana sebuah komunitas melakukan komunikasi didalam komunitas maupun diluar komunitas dan juga bagaimana cara merealisasikannya dalam bentuk aksi demi mencapai tujuan dari komunitas tersebut. Metode enelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi. Data diperoleh dari wawancara bersama ketua komunitas kopi Surabaya Coffee Antusias, anggota Surabaya Coffee Antusias dan juga masyarakat Surabaya yang menikmati kopi. Melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa telah dilakukan beberapa aksi yang telah dilakukan oleh komunitas kopi Surabaya Coffee Antusias