Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Humas Watungkal Edupark Sendangagung Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata

Penulis

  • Yovi Widianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Teguh Priyo Sadono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • herlina Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran Terpadu, Humas, Watungkal Edupark Sendangagung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aktivitas komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Humas Watungkal Edupark Sendangagung dalam meningkatkan kunjungan wisata. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara mendalam yang dilakukan kepada Humas Watungkal Edupark Sendangagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Humas Watungkal Edupark Sendangagung adalah dengan mengintregrasi bauran promosi yang meliputi: Advertising, Sales Promotion dan Personal Selling yang melibatkan beberapa instansi pendidikan sebagai target pengunjung wisata edukasi, Direct Marketing, Sponsorship, Point of Purchase, Public Relation, Mouth to Mouth dan Event. Beberapa cara komunikasi pemasaran terpadu oleh tim Humas Watungkal Edupark Sendangagung, melibatkan sinergitas antara penduduk setempat, wisatawan lokal, Pemerintah Desa Sendangagung hingga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dan pendukung aktivitas pemasaran oleh Humas Watungkal Edupark Sendangagung. Faktor penghambat yang dimaksud meliputi pengelolaan SDM, pengelolaan anggaran, kurangnya pemanfaatan media sosial secara optimal dan belum adanya kantor khusus kios pemasaran. Faktor pendukungnya meliputi Integritas antar instansi, SDM yang kreatif, dukungan antar stakeholder wisata

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24