STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @KAMPUNGLALIGADGET UNTUK MEMPERKENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL

Penulis

  • Syahrul Rozak Yahya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Permainan Tradisional, Instagram, Konten Informatif

Abstrak

Permainan tradisional kini mulai tergantikan oleh permainan gadget yang lebih menarik. hal ini menginspirasi Kampung Lali Gadget (KLG) untuk mengurangi ketergantungan anak-anak pada gadget dengan memperkenalkan kembali permainan tradisional melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi komunikasi KLG dalam konten Instagram mereka untuk menarik minat anak terhadap permainan tradisional dan mengajak mereka bermain di KLG. Fokus penelitian ini adalah strategi komunikasi pada Instagram @kampunglaligadget dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengkaji strategi komunikasi yang dilakukan KLG secara mendalam pada mengenal khalayak, meyusun pesan, menetapkan metode, informatif, persuasif, edukatif, seleksi pemilihan media, hambatan, serta evaluasi. Data diperoleh dengan wawancara kepada pendiri dan tim media sosial, serta menganalisis beberapa konten Instagram @kampunglaligadget dengan indikator yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi KLG yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada orang tua adalah menggunakan pendekatan konten yang bersifat informatif, persuasif, dan edukatif seperti konten yang personal atau nostalgia dan kolaborasi dengan pengguna Instagram lainnya untuk memperluas jangkauan. KLG juga menghadapi beberapa hambatan, seperti kekurangan anggota tim media sosial, larangan merekam anakanak, dan lainnya, namun evaluasi berkelanjutan yang KLG lakukan untuk perbaikan strategi komunikasi mereka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24