Strategi Digital Public Relations BNN Provinsi Jawa Timur Dalam Membangun Citra Institusi Melalui Media Sosial Instagram @infobnnp_jatim

Penulis

  • Shafa Jasmine Salsabila Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nara Garini Ayuningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Public Relations, Teori Excellence, Citra

Abstrak

Sebagai sebuah instansi yang mengatasi permasalahan narkoba, BNN Provinsi Jawa Timur melakukan berbagai cara untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di wilayah Jawa Timur, termasuk dengan pesan edukasi yang disampaikan oleh Humas BNN Provinsi Jawa Timur. Humas BNN Provinsi Jawa Timur menjalankan aktivitas sebagai media komunikasi dan informasi antara instansi dengan masyarakat. Namun, aktivitas public relations (PR) saat ini telah bergeser ke era digital dengan penggunaan media sosial seperti penggunaan media sosial Instagram. Penelitian ini mengkaji strategi Humas BNN Provinsi Jawa Timur dalam membangun citra melalui Instagram dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan kajian teori model public relations. Dari hasil penelitian menunjukkan penggunaan model PR twoway asymmetric untuk mempengaruhi followers melalui konten, tetapi penerapan model twoway symmetric kurang optimal dalam merespons feedback followers. Hal ini menunjukkan bahwa praktik Humas BNN Provinsi Jawa Timur belum efektif untuk mencapai excellence dalam PR organisasi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24