STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA KAMPUNG COKLAT DALAM MEMBANGUN DESTINATION BRANDING DI KABUPATEN BLITAR

Penulis

  • Sekar Eda Kartika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Pariwisata, Destination Branding, Manajemen Kesan

Abstrak

Kampung Coklat merupakan tempat hiburan berbasis wisata edukasi yang berada di Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi pariwisata Kampung Coklat dalam proses membangun destination branding di Kabupaten Blitar yang mana berkaitan dengan teori manajemen kesan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kampung Coklat berhasil mengiplementasikan kedua hal tersebut dengan mengacu pada delapan indikator yang dikembangkan dari kajian Komunikasi Pariwisata Burhan Bungin. Pengimplementasian Komunikasi Pariwisata Kampung Coklat sebagai upaya mempromosikan serta memberikan informasi pariwisata kepada wisatawan agar mengetahui keberadaan dan mengunjungi Kampung Coklat. Selain itu, dari indikator manajemen kesan, Kampung Coklat menerapkan tiga dari lima indikator yang ada. Tiga indikator tersebut sejalan dengan aktivitas komunikasi pariwisata yang mereka lakukan. Maka dari itu, strategi Komunikasi Pariwisata dapat membangun destination branding Kampung Coklat di Kabupaten Blitar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24