Analisis Resepsi Plagiarisme Konten Dalam Youtube Ferry Irwandi (Studi Pada Konten Kreator Surabaya)
Kata Kunci:
Analisis Resepsi, Plagiarisme Konten, Youtuber, Konten KreatorAbstrak
Kemudahan produksi dan penyebaran konten di media sosial yang dimana memunculkan
banyak konten kreator serta banyak konten kreatif bermunculan. Dengan banyaknya konten
yang berada di media sosial memunculkan permasalahan yang tidak etis yaitu plagiarisme
dimana plagiarisme merupakan penggunaaan kata-kata dan ide, grafik, gambar, atau apapun
yang dipinjam tanpa memberikan kredit title. Ferry Irwandi membuat video pada kanal youtube
pribadinya untuk menyampaikan pendapatnya berkaitan dengan kasus tuduhan plagiarisme
konten yang dilakukan oleh konten kreator Mattdicx kepada konten kreator Anas Creative.
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui resepsi oleh lima orang informan yaitu konten
kreator Surabaya terkait plagiarisme konten melalui tayangan video di kanal youtube Ferry
Irwandi, untuk mengetahui resepsi tersebut metode penelitian yang digunakan adalah analisis
resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian analisis resepsi Stuart Hall memilah informan menjadi tiga
tipe khalayak, yakni Hegemonic Dominant Position, Negotiated Position dan Oppositional
Position, namun hasil analisis resepsi dalam penelitian ini didapatkan dua tipe khalayak, yakni
empat informan Hegemonic Dominant Position, dan satu informan Negotiated Position.
Resepsi oleh para informan berdasarkan pola pikir, latar belakang pendidikan dan pekerjaan
juga pengalaman dan pemahaman plagiarisme serta jam terbang (jenjang karir) sebagai konten
kreator.