ANALISIS IKLAN SPOTIFY DALAM MENGUBAH KEPUTUSAN PEMBELIAN LANGGANAN PREMIUM

Penulis

  • Nis Rina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bambang Sigit Pramono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Iklan Premium Spotify, Perubahan Perilaku, AIDDA, Komunikasi Persuasi

Abstrak

Spotify merupakan layanan musik digital, podcast, dan video yang memberi pengguna akses ke jutaan lagu dan konten lain dari kreator di seluruh dunia. Beragam iklan ditampilkan sedemikan rupa guna menarik perhatian konsumen agar beralih ke premium. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena perubahan sikap terhadap pengguna platform Spotify dengan menggunakan teori komunikasi persuasi dan persamaan media dengan menggunakan model AIDDA. AIDDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Dicision dan Action. Kelima komponen ini mampu mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang berkesan, menarik minat, bahkan membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menghimpun data dari wawancara mendalam dengan narasumber yang sudah di pilih. Dari hasil penelitian, Spotify dalam iklan spotify premium melalui semua proses AIDDA. Mulai dari Attention spotify menggunakan iklan yang unik dengan perumpamaan kehidupan sehari hari. Selanjutnya di tahap Interest menunjukan bahwa spotify menggunakan nada nada yang khas sehingga pendengar menjadi mudah ingkat bahwa itu adalah iklan spotify premium. Lalu di tahap Desire spotify memberikan penawaran agar pengguna semakin tertarik untuk berpindah dari free ke premium. Pada tahap Decision, keputusan ini akan muncul ketika keinginan dari konsumen mendapat dorongan peneguhan pada dirinya sehingga lebih memunculkan sikap untuk berubah. Akhirnya di tahap Action, pihak spotify memberikan ajakan agar membeli paket premium.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24