PENDEKATAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR
Kata Kunci:
Pendekatan, Komunikasi Organisasi, Biro AdministrasiAbstrak
Kehidupan organisasi tidak luput dengan adanya kebijakan, setiap organisasi memiliki kebijakan sebagai landasan untuk mengatur jalannya proses organisasi. Kebijakan menjadi panduan utama yang memastikan organisasi dapat beroperasi secara efektif dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Komunikasi organisasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan bermacam – macam pesan suatu organisasi di dalam organisasi tersebut, baik yang terjadi dalam kelompok formal maupun kelompok informal dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi organisasi dalam Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan komunikasi organisasi dalam Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur lebih condong pada pendekatan sumber daya manusia.