Strategi Komunikasi Persuasif dalam Produksi Konten YouTube LAZNAS LMI
Kata Kunci:
komunikasi, persuasif, videografer, YouTube, kontenAbstrak
Pada zaman yang perkembangan teknologinya yang semakin pesat ini membuat strategi
komunikasi persuasif sangat dibutuhkan untuk menyampaikan pesan dalam platform
digital yang berbentuk visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi
komunikasi persuasif dalam produksi konten di channel YouTube LAZNAS LMI,
LAZNAS LMI sendiri merupakan lembaga amal zakat nasional yang mempergunakan
platform digital untuk menyampaikan informasi dan memperbanyak partisipasi publik
dalam berbagai kegiatan sosial. Metode penelitan yang digunakan oleh penulis adalah
pendekatan kualitatif dengan metode observasi partisipatif aktif, dengan penulis
berkontribusi langsung dalam proses produksi konten YouTube LAZNAS LMI dengan
menjadi videografer dalam program magan sedang berlangsung. Hasil penelitian
memperlihatkan bahwa proses produksi konten YouTube LAZNAS LMI terdapat
beberapa proses seperti brainstorming ide untuk konten yang akan dihasilkan,
menentukan strategi komunikai persuasif seperti apa yang akan dijadikan instrumen
untuk pembuatan konten dan pasca produksi yang meliputi editing video, penyusunan
efek suara, menambahkan musik yang sangat dramatis agar pesan yang ingin
disampaikan tercapai, dan kolaborasi antar rekan demi tercapainya tujuan bersama.
Komunikasi persuasif terbukti efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens yang
menyaksikan konten YouTube, penelitian ini mengatakan bahwa YouTube merupakan
sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan persuasif.