Penerapan Konvergensi Media pada Program “Cangkir” di Surabaya TV
Kata Kunci:
Konvergensi Media, Surabaya TV, Media BaruAbstrak
Dalam skripsi ini membahas mengenai penerapan konvergensi media pada program "Cangkir" Surabaya TV. Salah satu hal penting dalam proses konvergensi media yaitu kolaborasi atau penggabungan antar media mulai dari media lama seperti televisi kemudian media baru (new media). Dilihat dari penyajian konvergensi sendiri sering dilihat dari penyajian konten dan juga penggunaan media itu sendiri. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan konvergensi media pada program “cangkir” di Surabaya TV. Dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan observasi. Kemudian objek penelitiannya yakni Surabaya TV. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konvergensi media pada Surabaya TV dalam prosesnya telah menggunakan berbagai kecanggihan teknologi internet dan berbagai media sosial untuk membantu dalam hal publikasi informasi atau program acara. Pengaruhnya sendiri dapat dilihat dari berbagai media baru yang telah digunakan Surabaya TV seperti instagram, tiktok, youtube, facebook, twitter dan website resminya. Selain itu dalam program cangkir sendiri juga menerapkan konvergensi media dalam penggunaan media untuk penyiarannya dan juga penerapan konvergensi pada sumber dayanya.