Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Gramedia Store di Royal Plaza Surabaya
Kata Kunci:
Integrated Marketing Communication(IMC), Gramedia Store, Digital PlatformsAbstrak
Integrated Marketing Comunication adalah sebuah model komunikasi pemasaran yang
mengintegrasikan semua unsur bauran promosi dengan asumsi bahwa tidak ada satu unsur pun
yang terpisah dalam mencapai tujuan pemasaran yang efektif. Strategi Integrated Marketing
Communication banyak digunakan oleh perusahaan salah satunya Gramedia Store. Strategi ini
digunakan dengan harapan minat pengunjung untuk berkunjung ke Gramedia Store menjadi
lebih banyak. Saat ini, dengan teknologi yang semakin canggih membuat rata-rata pengunjung
lebih memilih menggunakan buku berbasis online dibandingkan membelinya secara langsung.
Maka dari itu diharapkan melalui adanya strategi Integrated Marketing Communication (IMC)
dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan minat pengunjung Gramedia Store
Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti dapat menghasilkan sebuah kesimpulan data yang
digambarkan secara rinci dan deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi sebanyak mungkin yang dipaparkan dalam bentuk deskriptif sehingga informasi
yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan secara berkesinambungan dengan teori yang ada.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Gramedia Store di Royal Plaza Surabaya memanfaatkan
beberapa platform digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek.
Mereka berbagi konten menarik tentang koleksi buku, promosi, dan acara toko sesuai tren
lokal. Program loyalitas dan strategi humas dapat meningkatkan retensi pelanggan. Dengan memanfaatkan e-commerce, Gramedia Store berhasil memperluas pasar dan mempertahankan
posisi sebagai toko buku terpercaya di Surabaya.