KOMUNIKASI ARTIFAKTUAL PENGGEMAR MUSIK HARDCORE DI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
Kata Kunci:
Komunikasi Artifaktual, Cara Berpakaian, Musik HardcoreAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi artifaktual yang
berfokus pada cara berpakaiannya, yang pada dasarnya Hardcore tergolong musik
Underground yang dinikmati berbagai kalangan dan usia tidak terkecuali di ruang lingkup
perkuliahan sekalipun. Tidak menutup kemungkinan jika musik Hardcore menjadi salah satu
musik favorit di kalangan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Narasumber atau
informan dari penelititan ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang mempunyai keecenderungan
suka terhadap musik Hardcore dan mereka mengimplementasikan musik Hardcore terhadap
cara dan gaya berpakaian mereka sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan menggunakan pendekatan teori non-verbal dan teori artifaktual, hasil dari penelitian ini
adalah musik Hardcore adalah sebagai ciri identitas diri yang khas, mereka mengekspresikan
diri di ruang lingkup sekitar menggunakan cara berpakaian yang khas hubungannya dengan
musik Hardcore, mengimplementasikan identitas diri sebagai penggemar musik Hardcore di
ruang lingkup perkuliahan, sebagai cara memberi dukungan dan support terhadap band favorit,
dan pesan-pesan non-verbal yang ingin mereka sampaikan lewat penggunaan dari cara
berpakaian penggemar musik Hardcore.