Strategi Komunikasi Polrestabes Surabaya Dalam Mencegah dan Mengatasi Fenomena Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Surabaya
(Analisis Isi Pada Media Berita Online Periode 10 September – 25 Desember 2023)
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Difusi Inovasi, Balap LiarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi Polrestabes Surabaya dalam mencegah dan mengatasi fenomena balap liar di Jalan Ahmad Yani Surabaya. Penelitian ini menganalisis isi 10 berita dari berbagai media online, yaitu Surabaya Disway, Surabaya Pagi, Suara Surabaya, Mili.id, IDN Times, Antara News, Memorandum Disway, Viva, Motorplus Online, dan Surabaya Kompas, selama periode 10 September hingga 25 Desember 2023. Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi untuk memahami bagaimana strategi komunikasi dan inovasi yang diterapkan oleh Polrestabes Surabaya didistribusikan dan diadopsi oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif, yang bertujuan untuk mengukur frekuensi dan pola kata kunci serta tema yang muncul dalam berita. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 29, yang memungkinkan pengolahan data statistik secara efektif untuk mendapatkan hasil yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Polrestabes yang meliputi patroli rutin, razia, dan edukasi masyarakat memiliki berbagai tingkat efektivitas dalam mengurangi fenomena balap liar. Kata kunci yang sering muncul dalam pernyataan Polrestabes antara lain "patroli rutin", "razia", dan "edukasi masyarakat". Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan strategi penegakan hukum dan komunikasi yang lebih efektif dalam mengatasi balap liar di Surabaya.