STRATEGI PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN RATING PROGRAM “PENTING GAK PENTING” DI JTV SURABAYA
Kata Kunci:
JTV, Strategi, ProduserAbstrak
Perkembangan media massa, khususnya televisi, di Indonesia telah mencatat kemajuan signifikan sejak berdirinya TVRI pada tahun 1962 dan munculnya stasiun televisi swasta pada tahun 1989. Televisi tidak hanya berperan sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai sumber informasi, pendidikan, dan kontrol sosial yang penting dalam kehidupan masyarakat. Kompetisi yang ketat di antara stasiun televisi untuk mendapatkan rating tinggi juga mempengaruhi strategi program dan pemasaran. Televisi juga memiliki dampak sosial dan ekonomi yang signifikan dalam membentuk budaya populer dan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang akan diterapkan oleh produser untuk meningkatkan rating program Penting Gak Penting di JTV Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Penelitian ini menggunakan teori manajemen strategi Peter K. Pringle dalam memproduksi sebuah program acara yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesesuaian antara teori dan praktik di lapangan tentang manajemen strategi yang digunakan oleh Produser Penting Gak Penting JTV Surabaya dalam upaya meningkatkan rating program.