PERSONAL SELLING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA CV. MULIA EDUTAINMENT
Kata Kunci:
Strategi, Komunikasi Pemasaran, Personal SellingAbstrak
Personal selling yang dilakukan marketing digunakan CV. Mulia Edutainment dalam
mempromosikan layanan tour, diantaranya tour edukasi kepada publik umum atau masyarakat.
Personal selling menggunakan komunikasi langsung yang memungkinkan adanya komunikasi
dua arah antara penjual dengan calon konsumen sehingga penjual harus aktif dalam mendatangi
calon konsumen untuk menawarkan produk dari perusahaannya. Strategi personal selling telah
digunakan oleh CV. Mulia Edutainment sejak lama. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui aktivitas personal selling sebagai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan
CV. Mulia Edutainment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif dan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi untuk mengumpulkan
data. Hasil penelitian menunjukan kesesuaian relevansi dengan teori yang diterapkan.
Penjualan personal selling merupakan strategi komunikasi pemasaran yang sangat tepat untuk
menarik minat konsumen tour edukasi. Personal selling yang dilakukan yaitu dengan cara
langsung mendatangi konsumen ke sekolah lalu bertatap muka serta mendemonstrasikan
produk dengan demikan konsumen lebih mudah tertarik untuk menggunakan jasa yang
ditawarkan. Serta memudahkan tenaga penjual dalam mengidentifikasi dan menganalisa calon
pembeli.