Manajemen Kesan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya Dalam Menunjukan Eksistensi Melalui Media Sosial Tiktok
Kata Kunci:
Manajemen Impresi, Eksistensi, TikTokAbstrak
Penelitian ini mengkaji bagaimana mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya menunjukkan kesan diri mereka di media sosial TikTok. Melalui unggahan video dan foto, mahasiswa mengelola impresi yang ingin ditampilkan kepada publik dengan memanfaatkan beragam fitur menarik di TikTok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teori manajemen impresi dari Erving Goffman. Fokusnya adalah mendeskripsikan manajemen kesan mahasiswa melalui lima strategi manajemen kesan yang dikemukakan oleh Jones dan Pitman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya cenderung menggunakan strategi manajemen kesan ingratiation. Mereka membuat konten yang berhubungan dengan peningkatan diri dan berupaya untuk berkelakuan baik serta positif