Analisis Wacana Kritis Cewek Gila (Cegil) Dalam Media Sosial X

Penulis

  • Ayu Asri Khusnul Khotimah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nara Garini Ayuningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Analisis Wancana Kritis, Cegil, Media Sosial X

Abstrak

Pemberian julukan istilah dari Cewek gila atau cegil saat ini sedang ramai diperbincangkan terutama dalam media sosial X atau Twitter. munculnya istilah ini digunakan sebagai bahasa gaul untuk merepresentasikan perempuan dengan segala keberaniannya. Wacana cegil ini pertama kali digaungkan oleh Nadin Amizah melalui lagunya yang berjudul "Rayuan Perempuan Gila" . Penggunaan istilah cegil ini nampaknya mengandung konotasi makna yang berbeda-beda dari positif hingga negatif sehingga menjadi salah satu bahan perdebatan netizen dari media sosial X atau Twitter. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji wacana apa saja yang ada terkait penggunaan istilah cewek gila atau cegil dalam media sosial X atau Twitter dengan mengkaji menggunakan teori wacana dan teori feminis yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis wacana kritis dari perspektif Norman Fairclough dengan periode Juni-Desember 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa setidaknya terdapat 3 wacana terkait penggunaan istilah cewek gila atau cegil. 1. Cegil = Tren Penerimaan Diri Perempuan, 2. Cegil = Tren yang Menjatuhkan Harga Diri Perempuan, 3. Cegil = Pelabelan dan Stereotipe.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24