DIFUSI INOVASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KULINER BRAND SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS TULUNGAGUNG PADA JENANG PAK LASIMUN

Penulis

  • Arum Febrianasari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Difusi Inovasi, Komunikasi Pemasaran, Instagram, Kuliner

Abstrak

Di tengah persaingan industri kuliner yang semakin ketat, membangun kuliner brand yang kuat menjadi sangat penting bagi Jenang Pak Lasimun, produsen jenang tradisional khas Tulungagung, menghadapi tantangan untuk terus berinovasi agar dapat bersaing dengan tren kuliner modern. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan media sosial Instagram untuk melakukan difusi inovasi komunikasi pemasaran dalam membangun kuliner brand sebagai oleh-oleh khas Tulungagung. Dengan menggunakan inovasi media sosial instagram ini bisa membangun kuliner brand melalui interaksi dengan konsumen pada difusi inovasi yang digunakan. Penelitian ini lebih berfokus pada penerapan difusi inovasi komunikasi pemasaran dalam membangun kuliner brand oleh-oleh khas Tulungagung. Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan difusi inovasi komunikasi pemasaran dalam membangun brand oleh-oleh khas Tulungagung. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenang Pak Lasimun berhasil membangun kuliner brand melalui difusi inovasi di Instagram. Namun, peneliti menyarankan untuk lebih memperhatikan media sosial dan mengoptimalkan pemasaran promosi online melalui Instagram serta media lainnya yang dimiliki sendiri guna meningkatkan efektivitas pembangunan brand

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24