Manajemen Produksi Konten Instagram Radio Global FM Surabaya Dengan Segmen Keluarga dan Perempuan

Penulis

  • Aris Aditya Permana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Instagram, Radio Global FM Surabaya, Manajemen Produksi

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin maju menciptakan berbagai media baru seperti media sosial. Instagram menjadi salah satu diantara sekian banyaknya media sosial yang terus bermunculan. Media penyiaran seperti radio secara tidak langsung harus mampu beradaptasi di era persaingan yang semakin harinya semakin kompetitif. Terlebih bagi mereka yang memiliki segmentasi bagi audiensnya seperti keluarga dan perempuan seperti Radio Global FM Surabaya. Di era digital, pemanfaatan media sosial dilakukan oleh semua pihak seperti Radio Global FM Surabaya yang menggunakan media sosial Instagram. Tentunya mereka menyuguhkan berbagai informasi yang dikemas dalam berbagai konten dengan melakukan manajemen. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini berfokus pada manajemen konten instagram Radio Global FM Surabaya dengan segmen keluarga dan perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti ingin meneliti dan mengetahui manajemen yang dilakukan Radio Global FM Surabaya dalam membuat konten-konten di Instagram. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan teori manajemen media penyiaran oleh Morissan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber selaku program director dan tim social media specialist, serta melakukan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Radio Global FM Surabaya sudah menerapkan empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam manajemen kontennya di instagram

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24