Penguatan Citra Untag Surabaya sebagai Kampus Nasionalis melalui Program Modul Nusantara dalam PMM
Kata Kunci:
Branding, Nasionalis, Modul Nusantara, Manajemen KesanAbstrak
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya adalah institusi pendidikan yang mem-branding industrinya sebagai kampus nasionalis, branding ini telah ada sejak Untag Surabaya berdiri. Salah satu program unggulan dari merdeka belajar kampus merdeka atau MBKM adalah pertukaran mahasiswa merdeka yang mana dalam program tersebut ada kegiatan wajib yaitu Modul Nusantara. Modul Nusantara ini dirancang dan disesuaikan dengan ciri khas dari masing-masing perguruan tinggi penerima, maka penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi bagaimana implementasi Modul Nusantara dalam penguatan citra Untag Surabaya sebagai kampus nasionalis serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk penguatan citra tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif penelitian ini bersumber dari wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada SDM Untag Surabaya yang tergabung dalam program ini dan kemudian akan dibandingkan dengan mahasiswa peserta program PMM. Penelitian ini menggunakan teori manajemen kesan dari Jones dan Pittman dan dianalisis dengan jenis-jenis citra menurut Frank Jefkins. Karena ini menyangkut sebuah institusi yang besar seperti Untag Surabaya penelitian beranggapan bahwa program ini menarik untuk diteliti, karena dari program tersebut pasti akan memberikan kesan kepada mereka mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa