STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA SISWA SDN MEDOKAN SEMAMPIR 1 SURABAYA
Kata Kunci:
Keterlambatan Membaca, Komunikasi Interpersonal, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi komunikasi interpersonal
dalam mengatasi keterlambatan membaca pada siswa SDN Medokan Semampir 1
Surabaya. Keterlambatan ini diidentifikasi melalui pengamatan dan wawancara
dengan guru-guru, yang mengungkap bahwa faktor utama penyebab adalah
kurangnya perhatian orang tua dalam mendukung proses belajar anak. Metode
penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajaran dengan
menggunakan komunikasi interpersonal secara tatap muka serta intensitas
percakapan dengan menggunakan metode kreatif seperti menghafal dan menebak
huruf dengan alat bantu berupa huruf-huruf abjad yang dipotong kecil-kecil. Hasil
penelitian menunjukkan perkembangan signifikan pada kemampuan membaca
siswa, dengan beberapa siswa mulai lancar mengeja dan mengenal huruf. Program
ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca siswa
secara bertahap.