Representasi Penggunaan Instagram di Kalangan Generasi Z dalam Serial K-Drama “Celebrity” : Analisis Tekstual

Penulis

  • Iffatul Alvi Aulia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dinda Lisna Amilia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

analisis tekstual, representasi, instagram, Gen Z, teks, budaya

Abstrak

Celebrity merupakan serial K-drama yang bercerita tentang kehidupan Generasi Z yang
menjadi pengguna platform media Instagram. Hal penting dalam drama ini adalah bagaimana
Selebritas menjadikan budaya berinstagram menjadi populer di kalangan Generasi Z dalam
drama direpresentasikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengeksplorasi penggunaan
Instagram direpresentasikan dalam drama ini di kalangan Generasi Z. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis tektual. Data- data yang didapat
diantaranya dari scene drama yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tekstual
Alan Mckee. Konsep kendali Instagram yang direpresentasikan menggunakan teori teks dan
budaya yang digunakan sebagai alat bedah penelitian, guna mengeksplorasi representasi
pengggunaan Instagram di kalangan Generasi Z yang ada dalam drama. Penelitian ini
menunjukkan pengaruh budaya atau kebiasaan menggunakan Instagram dalm bentuk bentuk
pengendalian kehidupan Generasi Z. Akhirnya diperoleh hasil penelitian sebgaai berikut:
Pengguna instagram di kalangan Generasi Z dalam serial K-drama Celebrity direpresentasikan
sebagai sebuah budaya berinstagram di Korea Selatan yang lebih mengunggulkan hierarki
sosial

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-24