ANALISIS NETNOGRAFI AKULTURASI BUDAYA PADA PENGGUNA APLIKASI KENCAN ONLINE BUMBLE DI USIA DEWASA AWAL
Kata Kunci:
Akulturasi Budaya, Netnografi, Aplikasi Kencan OnlineAbstrak
Eksistensi media sosial menjadikan masyarakat berinteraksi secara digital, termasuk dalam mencari jodoh. Berdasarkan data dari businessofapps.com, pada 2021 jumlah pengguna aplikasi kencan online sudah mencapai 323,9 juta di seluruh dunia. Angka ini meningkat 10,3% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 293,7 juta pengguna. Pada penelitian ini berfokus pada aplikasi kencan online Bumble. Maraknya aplikasi kencan online menyebabkan pergesaran yang dimana dahulu dilakukan secara tradisional dengan tradisi budaya yang dimiliki, namun kini dapat dilakukan dengan media baru yakni media sosial aplikasi kencan online. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses interaksi digital dalam pembentukan budaya akulturasi pada pengguna aplikasi kencan online Bumble, dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan netnografi. Berlandaskan teori Social Information Processing Theory (SIP) yang didukung oleh CMC (Computer Mediated Communication) untuk melihat begaimana pembentukan budaya akulturasi pada pengguna Bumble secara mendalam di dunia virtual. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara online, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan analisis data seperti perencanaan penelitian, Entree, pengumpulan data, analisis temuan data, kemudian hasil penelitian dikompilasi dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini .