PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 42 SURABAYA
Abstrak
Setiap anak pasti ingin memiliki kedekatan dengan orang tuanya agar bisa berkomunikasi
dengan baik. Tidak hanya mengobrol atau sebagai penghilang rasa stress saja, peranan
komunikasi orang tua terhadap anak dapat memberikan masukan, solusi, dan untuk
mempengaruhi anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan
komunikasi interpersonal dengan anak agar dapat memotivasi belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan teori Stimulus Respon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan linearitas, uji regresi linear
sederhana, uji t untuk mengetahui pengaruh variabel x dan y secara parsial dan uji F untuk
mengetahui pengaruh variabel x dan y secara simultan penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh efektivitas komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap motivasi belajar
siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah
297 siswa SMPN 42 Surabaya dan sampel yang diambil sebanyak 171 siswa. pada uji regresi
linier sederhana, nilai F Hitung 60.420 memiliki nilai signifikasi 0,001 < 0,05, maka variable
X berpengaruh terhadap variable Y. Besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar
0,513. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,263 yang
mengandung pengertian bahwa pengaruh variable X terhadap variable y sebesar 26,3%.