STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STASIUN DANGDUT JTV SURABAYA
Kata Kunci:
Strategi Kreatif, Produser,, JTV SurabayaAbstrak
Seiring dengan berkembangnya media massa, membuat kompetisi antar stasiun televisi semakin
meningkat terutama dalam menciptakan program kreatif. Salah satunya adalah JTV Surabaya,
yang telah berhasil mempertahankan Stasiun Dangdut sebagai program hiburan selama hampir
20 tahun. Penelitian ini mengeksplorasi strategi kreatif produser Stasiun Dangdut JTV Surabaya
yang berhasil mempertahankan program hiburannya selama 20 tahun. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan 13 elemen strategi kreatif dari
Naratama dan Fourth Stage of Television Production dari Alan Wurtzel. Strategi kreatif
terintegrasi pada empat tahap produksi televisi, meliputi perencanaan pra-produksi, persiapan
dan latihan, produksi, dan pascaproduksi. Pra-produksi melibatkan brainstorming konsep, fokus
pada seleksi lagu, dan pemilihan pengisi acara. Tahap persiapan dan latihan menitikberatkan
pada harmoni antara penyanyi dan orkes, serta penyesuaian teknis. Produksi mencakup siaran
langsung dan tapping. Pascaproduksi melibatkan proses editing dan evaluasi untuk
meningkatkan kualitas dan daya tarik program. Kreativitas produser dalam memilih lagu,
presenter, penyanyi, dan orkes telah menjaga keberlanjutan program sejak 2004. Dukungan
terhadap kreativitas ini juga tercermin dalam pemilihan konten, presenter, dan inovasi dengan segmen "Mendadak Bintang," memberikan peluang kepada penyanyi pendatang baru serta
menjaga minat penonton