RETORIKA VISUAL PENGGAMBARAN TIGA CALON PRESIDEN PADA SAMPUL MAJALAH TEMPO
Kata Kunci:
Retorika, Pesan Visual, Politik, Majalah TempoAbstrak
Saat ini media telah menguasai sebagian besar pola komunikasi dalam beberapa aspek. Mulai
dari ekonomi, sosial, hingga politik. Tentu hal tersebut menyembabkan adanya perubahan
pola komunikasi yang lebih efektif. Salah satunya dengan menggunakan visualisasi politik
sebagai bentuk retorika visual. Penelitian ini mengkaji retorika visual berdasarkan visualisasi
politik dalam sampul Majalah Tempo sebagai respon atas fenomena pencalonan Presiden
jelang Pemilu 2024. Adapun tujuannya adalah untuk membedah makna yang terkandung
dalam sebuah gambar yang berafiliasi dengan isu nasional dan politik pada media. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika
Charles Sanders Peirce untuk menarasikan maksud yang tergambar pada sampul Majalah
Tempo. Sehingga dari penelitian ini muncul hasil yaitu pemenuhan syarat retorika visual pada
visualisasi politik dalam media.