PENGARUH TERPAAN MEDIA INSTAGRAM ECO SURABAYA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG
Kata Kunci:
Terpaan Media, Instagram, CustomerAbstrak
Tren pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia menjadi subjek penting
dalam analisis ekonomi. Perubahan budaya telah mengarah pada preferensi banyak orang
yang memilih kafe sebagai tempat untuk meningkatkan produktivitas mereka. Surabaya,
sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur, juga memiliki kontribusi signifikan dalam
jumlah kafe. Pemilihan Eco Surabaya sebagai subjek penelitian dilakukan karena kafe ini
sering direkomendasikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Terpaaan
Media Instagram Eco Surabaya Terhadap Minat Berkunjung. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Penelitian ini menggunakan software Statistical Package for Sosial Science (SPSS) dalam
melakukan analisis data. Sumber data primer didapatkan dari hasil survei lapangan
menggunakan alat survei kuesioner terhadap responden penelitian. Pada survei ini, responden
adalah konsumen yang membeli makanan dan minuman di Cafe Eco Surabaya. Tinjauan
penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara Terpaan Media Instagram dan Minat
Berkunjung di Cafe Eco Surabaya memiliki signifikansi. Artinya, Terpaan Media Instagram
memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap Minat Berkunjung di kafe tersebut.
Melalui pendekatan ini, peran media sosial dalam konteks bisnis tidak hanya sebatas alat
untuk mempromosikan produk, tetapi juga sebagai sarana membangun dan menjaga
hubungan dengan pelanggan.