RETORIKA KOMUNIKASI KONTEN KREATOR DALAM PENYAMPAIAN UNBOXING PADA CHANNEL YOUTUBE FITRA ERI

Penulis

  • Rafi Naufal Virgiawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maulana Arief Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Novan Andrianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Retorika, Komunikasi Verbal, Fitra Eri

Abstrak

Digitalisasi telah membentuk fondasi penting dalam kehidupan sehari-hari, memperkenalkan
perubahan signifikan dalam cara manusia berinteraksi dan mengakses informasi. YouTube,
sebagai platform video daring terbesar di dunia, menjadi wadah utama bagi kreator konten
seperti Fitra Eri, seorang YouTuber otomotif sukses dengan lebih dari 2,7 juta pelanggan.
Keberhasilan Fitra Eri bahkan dalam mempengaruhi keputusan pembelian selebriti dan menarik perhatian penontonnya. Aspek komunikasi dan pengemasan pun menjadi hal yang
penting untuk diketahui dari Fitra Eri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana
retorika komunikasi verbal dalam Channel Youtube Fitra Eri serta cara yang dilakukan Fitra
Eri dalam mengemas kontennya. Adapun konten yang akan dianalisis adalah “Unboxing
Honda Elektrik Yang Sangat Cute Dan Rare”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan analisis isi. Hasil temuan ini menyatakan bahwa dalam retorika
komunikasi verbal, Fitra Eri berhasil menciptakan konten yang menarik dan ramah dengan
gaya bahasa santai dan interaktif. Gaya narasinya yang hidup, humor, dan deskripsi detail
memberikan pengalaman unboxing yang menghibur, informatif, dan penuh antusiasme

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10