PELAKSANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JAWA TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN LOKAL KEBUN BINATANG SURABAYA

Penulis

  • Septyara Rachma Rindra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Widiyatmo Ekoputro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran, Kebun Binatang Surabaya, Pariwisata

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai “Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Lokal Kebun Binatang Surabaya” yang dimana didalam destinasi wisata ini menawarkan satwa yang terbilang lengkap dan menjadi salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jawa Timur dalam meningkatkan daya tarik wisatawan lokal kepada salah satu destinasi yang ada di Kota Surabaya yaitu Kebun Binatang Surabaya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi data penelitian ini diperoleh. Bentuk pelaksanaan strategi komunikasi pemasaan yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Kebun Binatang Surabaya yaitu dengan pemasaran interaktif, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat yang digunakan sebagai media promosi serta untuk berinteraksi lebih dekat dan langsung dengan calon pengunjung atau masyarakat dengan menanggapi saran dari masyarakat, membalas komentar di sosial medianya baik positif maupun negatif. Tanpa disadari hal ini merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai wisata destinasi kepada masyarakat luas. Hal ini dimanfaatkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur sebagai sebuah informasi yang dapat digunakan untuk menarik minat kunjungan wisatawan lokal khususnya ke Kebun Binatang Surabaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10