Stereotype dan Labelling Gaya Berpakaian (Analisis Framing Konsep Cewek Kue, Bumi dan Mamba di Berita Lifestyle CNN Indonesia)
Kata Kunci:
Streotype, Analisis Framing, Gaya BerpakaianAbstrak
Istilah penggunaan Cewek Kue, Cewek Bumi dan Cewek Mamba merupakan konsep gaya berpakaian yang kini terdengar begitu familiar terutama dalam lingkup media sosial. Hal ini kemudian merambat hingga ke berbagai media termasuk media konvensional seperti pemberitaan dalam Lifestyle CNN Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis framing Pan & Kosicki yang dilakukan CNN Indonesia pada pemberitaan lifestyle mengenai konsep gaya berpakaian Cewek Kue, Cewek Bumi dan Cewek Mamba sehingga membentuk stereotype dan labelling pada perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnalis Lifestyle CNN Indonesia cenderung menonjolkan berita yang menghubungkan kepribadian dengan konsep gaya berpakaian yang diklasifikasikan berdasarkan warna pakaian yang dikenakan. Melalui kecenderungan tersebut, peneliti juga menemukan bahwa cara pembingkaian yang dilakukan CNN Indonesia tersebut juga seolah-olah turut mendukung pembentukan stereotype dan labelling.