STRATEGI STAKEHOLDER ENGAGEMENT DALAM KEGIATAN CSR SPS CORPORATE

Penulis

  • Rizky Ilham Firmansyah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi, Perusahaan, Corporate Social Responsibility

Abstrak

Program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah strategi yang membantu perusahaan mengatasi krisis yang muncul akibat kemarahan publik (public outrage) yaitu sebuah kondisi kemarahan masyarakat sekitar perusahaan akibat dari dampak negatif yang ditimbulkan akibat aktifitas perusahaan. Kegiatan CSR merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan di sekitarnya, CSR saat ini mencakup tiga elemen: profit, people, dan planet. Penelitian ini bertujuan menganalisis program CSR di SPS Corporate terkait pelaksanaan apakah sudah mencakup tiga elemen: profit, people, dan planet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan melalui data primer berupa wawancara dengan pihak humas SPS corporate, HRD SPS Corporate, dan karyawan SPS Corporate yang ikut serta dalam kegiatan CSR. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi CSR pada SPS Corporate ini telah melakukan 3p (profit, people, dan planet), yaitu pada kegiatan CSR SPS Corporate ini telah melakukan Program Pendidikan, pelestarian lingkungan, seperti program penghijauan, pembersihan lingkungan. Program CSR ini bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat, program yang di lakukan SPS Corporate ini dapat meningkatkan citra perusahaan dan di mata para stakeholder

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10