STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA UMKM POTTAPOTS DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE MELALUI INSTAGRAM

Penulis

  • Jesica Naftali Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Brand Image, UMKM

Abstrak

Mayoritas bisnis di Indonesia didominasi oleh UMKM dengan skala mikro, kecil, dan
menengah. Tujuan dari keberadaan UMKM adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan
usaha mereka dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional yang berlandaskan
pada prinsip demokrasi ekonomi yang adil. Para pelaku UMKM, seperti Pottapots,
menghadapi tantangan yang signifikan pada proses pemasaran saat ini, sehingga
diperlukannya strategi pemasaran terpadu. Pemasaran terpadu merupakan upaya untuk
menjadikan seluruh kegiatan promosi dan pemasaran dapat meningkatkan proses terjadinya
kesadaran merek pada produk Pottapots. Penelitian ini menggunakan konsep dari pemasaran
terpadu sebagai analisis dari penelitian ini, metode yang digunakan dalam penenlitian ini
adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obeservasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian serta pengumpulan data yang dilakukan peneliti
mengenai segala hal yang berhubungan dengan aktivitas integrated marketing
communication dalam meningkatkan brand image melalui instagram. Maka dapat
disimpulkan bahwa Pottapots menerapkan iklan, direct marketing, media interaktive, promosi
penjualan, hubungan masyarakat, personal selling, dan event sebagai metode aktivitas
pemasaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10